IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK DI SMP MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA

Nanda Amelia Prastiwi, Yogyakarta State University

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan implementasi program sekolah penggerak di SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta serta kendala dan dampaknya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kurikulum, wakil kesiswaan, guru, siswa SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan model interaktif dengan tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program sekolah penggerak di SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta telah diimplementasikan berdasarkan aspek komunikasi, sumber daya, disposisi birokrasi, disposisi, standar dan tujuan program dan faktor lingkungan ekonomi dan politik. Sekolah juga telah melaksanakan ruang lingkup sekolah penggerak dan pembiasaan yang teritegrasi nilai-nilai profil pelajar pancasila diantaranya eriman dan bertaqwa kepada tuhan yang maha esa dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, mandiri, kreatif, kritis, gotong royong. Adapun implementasi program sekolah penggerak memiliki kendala, dampak positif dan negatif yang dirasakan oleh guru dan siswa.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v13i1.21168

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik CounterĀ Web Analytics