IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SISTEM ZONASI PADA PPDB DI SMA NEGERI 1 CILACAP TAHUN 2018-2021

Zidane Al Yasmin, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kebijakan sistem zonasi, dampaknya, dan faktor yang menghambat maupun mendukung penerimaan peserta didik baru di SMA Negeri 1 Cilacap tahun 2018-2021. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dari model interaktif Miles, Huberman dan Saldana. Hasil penelitian mengungkapkan implementasi kebijakan sistem zonasi memiliki standar dan tujuan, sumber daya, karakteristik agen pelaksana, disposisi agen pelaksana dan kondisi lingkungan yang mendukung. Dampak yang ditimbulkan berupa dampak positif dan negatif. Kemudian, faktor penghambat terdiri atas ketimpangan persebaran lembaga pendidikan, ketimpangan kualitas guru dan murid, keterbatasan ekonomi orang tua, kurangnya pemahaman teknologi, serta pihak yang ingin mengintervensi kebijakan tersebut. Adapun faktor pendukung mengarah pada sumber daya manusia agen pelaksana yang kompeten, sarana dan prasarana yang mumpuni, kultur sekolah yang dibangun, dan letak geografis dari sekolah tersebut.

 


Full Text:

PDF

References


Akilah, F. (2018). Peran Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Lembaga Pendidikan. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 518-534.Buluamang, Y. M. O. (2017). Transparansi komunikasi dalam birokrasi pemerintahan. Jurnal Penelitian Pers dan Komunikasi Pembangunan, 21(1), 49-57.

Anugrah, A. (2018). Sistem zonasi di PPDB 2018 dan keluhan dari siswa berprestasi. Diakses pada tanggal 26 Februari 2023 dari Detiknews.com

Coleman, J. (1968). The Concept of Equality of Educational Opportunity. Harvard Educational Review, 38(1), 7–22. Retrieved from https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED015157.pdf

DPRD.Provjateng.go.id (2021) PPDB 2021 perlu lebih proporsional, tepat sasaran dan adil. Diakses pada 26 Februari 2023 dari https://dprd.jateng.go.id

Efianingrum, A. (2013). Kultur Sekolah. Jurnal Pemikiran Sosiologi, 2(1).

Farasonalia, A. (2020). Serangkaian PPDB Jateng dalam catatan ganjar. Diakses pada 26 Februari 2023 dari Kompas.com

Fuad, N., & Martin. 2016. Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan "Konsep dan Aplikasinya". Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Jatengprov.go.id (2019). Zonasi PPDB SMA ditetapkan, masyarakat diminta tak palsukan data siswa. Diakses pada 26 Februari 2023 dari https://jatengprov.go.id

Juliawati, N. (2012). Koordinasi dan Usaha Koordinasi dalam Organisasi: Sebuah Kerangka Studi. Jurnal Administrasi Bisnis, 8(2).

Kemendikbud,(2018). Sistem Zonasi mempercepat pemerataan pendidikan di sektor pendidikan. Diakses pada 20 Januari 2023 dari https://www. kemendikbud.go.id

Kominfo, (2017). Semua bisa sekolah zonasi untuk pemerataan pendidikan yang berkualitas. Diakses pada 20 Januar 2023 dari Https://www.kominfo.go.id

Mahpudin, M. (2020). Hak Warga Negara Yang Terampas: Polemik Kebijakan Sistem Zonasi dalam Pendidikan Indonesia. Jurnal Transformative, 6(2), 148-175.

Ma'rufi, A. R., & Anam, C. (2019, November). Faktor yang mempengaruhi komitmen organisasi. In Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan (pp. 442-446).

Mulyadi, D. (2016). Studi Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik. Bandung: Alfabeta.

Nanggala, A. (2020). Analisis wacana pembaharuan kebijakan zonasi menteri pendidikan dan kebudayaan Nadiem Makarim sebagai solusi pemerataan pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(2), 46-56

Nurlailiyah, Aris. (2019). Analisis Kebijakan Sistem Zonasi Terhadap Perilaku Siswa SMP di Yogyakarta. Realita, Volume 17, No 1, 13-21.

Purbaya,A. (2020) PPDB Jateng bermasalah, Posko pengaduan ‘diserbu’ orang tua pendaftar. Diakses pada 26 Februari 2023 dari Detiknews.com

Qomaruzzaman, B. (2012). Membangun budaya sekolah.

Rohman, A. (2009). Politik Ideologi Pendidikan. Yogyakarta: Mediatama

Sarmono, A., Supriyanto, A., & Timan, A. (2020). Penerapan Manajemen Mutu Terpadu Pada Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Internal. JAMP: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(1), 38-51.

Simatupang, P., & Akib, H. (2011). Efektivitas implementasi dan dampak kebijakan dalam konteks desentralisasi pemerintahan. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik, 2(1).

Tjilen, A. P. (2019). Konsep, Teori dan Teknik, Analisis Implementasi, Kebijakan Publik: Studi Implementasi Program Rencana Strategis Pembangunan Kampung. Nusamedia.

Wahyuni, D. (2018). Pro Kontra Sistem Zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru. Info Singkat Kajian Terhadap Isu Aktual Dan Strategis, X, Puslit Keahlian DPR.

Winarno, B. (2002). Teori dan proses kebijakan publik. Media Pressindo.

Yuliani, N. (2021). Tinjauan Yuridis Penerimaan Peserta Didik Baru Dalam Sistem Zonasi. Journal Presumption of Law, 3(1), 80-102.




DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v12i2.19469

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Counter Web Analytics