Pelaksanaan Program Layanan Konsultasi Pembelajaran dalam Mengatasi Hambatan Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19

Crescentia Yolinda Naftali, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan program layanan Konsultasi Belajar Siswa (KBS) serta menganalisis efektivitas program KBS di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta. Pada penelitian ini menggunakan teori implementasi dari Edward III yang berfokus pada empat aspek yaitu komunikasi, sumberdaya, disposisi, dan struktur birokrasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini bertempat di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah Kepala Seksi Sistem dan Data Informasi, Tim KBS, guru pengajar/narasumber, dan siswa pengguna layanan KBS. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan studi dokumen, dengan jumlah informan 12 orang. Data dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data penelitian menggunakan metode triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini adalah: (1) Pelaksanaan layanan program Konsultasi Belajar Siswa (KBS) sebagai program best practice jenjang SD dan SMP di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta. (2) pelaksanaan KBS adalah interpretasi dari kebijakan Pendidikan Jarak Jauh sejak masa pandemi hingga sekarang dalam mengembangkan pendidikan secara hybrid. (3) Pelaksanaan Program Layanan KBS telah efektif ditinjau dari: komunikasi, sumber daya, disposisi, dan struktur birokrasi

Full Text:

PDF

References


Agustino, L. (2006). Dasar-Dasar Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta

Aprillia, S. R., & Rachmawati, R. (2013). Penyediaan dan Pemanfaatan Layanan Konsultasi Belajar Siswa Secara Online Dalam Sistem Pembelajaran Siswa di Kota Yogyakarta. Jurnal Bumi Indonesia, 2(3), 277–286

Bachri, Bachtiar S. 2010. Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. Universitas Negeri Surabaya. Vol 10 Nomor 1, Hal 46-62

Bakry, A. (2010). Kebijakan Pendidikan sebagai Kebijakan Publik. Jurnal MEDTEK, 2(1), 78–91.

Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208–218. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.112

Creswell, J. W. (2016). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Mendikbud. (2012). Undang-Undang RI Nomor 12, Tahun 2013, tentang Pendidikan Jarak Jauh.

Mendikbud. (2020). Surat Edaran Kemendikbud R1 Nomor 3 Tahun 2022, Tentang Penyelenggaraan Pembelajaran di Perguruan Tinggi di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 ( Covid-19).

Mendikbud. (2020). Surat Edaran Kemendikbud R1 Nomor 4 Tahun 2020, Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19.

Mendikbud. (2021). Surat Edaran Kemendikbud RI Nomor 1 Tahun 2021, Tentang Peniadaan UN dan Ujian Kesetaraan.

Muharroroh, A. (2016). Implementasi Program Layanan Konsultasi Belajar Siswa (Kbs) Online Dikota Yogyakarta. Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan, 5(3), 324–333.

Permendikbud. (2016). Peraturan Kemendikbud RI Nomor 13 Tahun 2016, Tentang Standar Penilaian Pendidikan.

Siagian. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sukmawati. (2017). Deskripsi Daya Serap Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Bua dalam Menyelesaikan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Jurnal Pedagogy, 2(2), 131-152

Yalia, M. (2014). Implementasi Kebijakan Pengembangan dan Pemberdayaan Lembaga Sosial Media Tradisional di Jawa Barat. Jurnal Penelitian Sejarah Dan Budaya, 6(1), 149–160.

Yuanita, S. K. S., Yaswinda, & Movitaria, M. A. (2022). Evaluasi Model CIPP Program Diklat Berjenjang Tingkat Dasar untuk Meningkatan Kompetensi Pendidik Anak Usia Dini di Kota Payakumbuh. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(10), 3427–3440.

Pendidikan Biologi dan Saintek. Surakarta: 4 April 2020




DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v12i3.19376

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Counter Web Analytics