PENGARUH KEAKTIFAN MAHASISWA UKK PRAMUKA TERHADAP PRESTASI AKADEMIK UIN KHAS JEMBER
Aderia Arum Sawitri, UIN Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember, Indonesia
Halimatus Sa’diyah, UIN Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember, Indonesia
Dina Ustufiyah, UIN Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember, Indonesia
Ulfatun Naili Zakiya, UIN Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember, Indonesia
Rofiq Hidayat, UIN Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyusun rumus pengaruh keaktifan pada Unit Kegiatan Khusus (UKK) pramuka terhadap prestasi akademik mahasiswa UIN KHAS Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam kegiatan penelitian ini adalah seluruh anggota UKK Pramuka yang beranggotakan 148 mahasiswa. Sampel penelitian 25% dari jumlah populasi yaitu sebanyak 37 orang. Data dikumpulkan melalui kuisioner yang dibagikan kepada sampel penelitian melalui google form. Peneliti merumuskan analisis regresi sederhana untuk mengetahui pengaruh keaktifan mahasiswa pramuka terhadap prestasi akademik dengan persamaan regresi Y ˆ =2,898 + 0,015X. Artinya jika variabel X (Keaktifan Mahasiswa) naik satu tingkatan, maka variabel Y (Prestasi Akademik) akan meningkat sebanyak 0,018, begitu pula sebaliknya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keaktifan terhadap kegiatan pramuka tidak mengganggu prestasi akademik mahasiswa.
Kata Kunci : UKK Pramuka, Keaktifan, Prestasi Akademik
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Department Agama RI, Al-Qur‟an dan Terjemah. PT Insan Media Pustaka: Jakarta
Jayanti, (2016). Buku Lengap Pramuka. Media Ilmu Abadi.
Nasruddin. (2018). Buku Komplit Pramuka. Yogyakarta: CV. Briliant
Magfirah, I., & Prafitriyani, S. (2019). Pengaruh Organisasi terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Universitas Iqra Buru (Uniqbu). PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 3(2), 828–837.
Pradayu & Mahmudi (2017). pengaruh aktivitas organisasi terhadap prestasi belajar. (Studi kasus pengurus BEM Universitas Riau Kabinet Inspirasi Periode 2016-2017). JOM FISIP 2 (1)
Sayan Suryana, Peran Perguruan Tinggi dalam Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Pendidikan Islam Rabbani, Vol. 2, No. 2, 2018
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Teguh Triwiyanto. (2014). Pengantar Pen-didikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab II pasal 3.
DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v12i3.19323
Refbacks
- There are currently no refbacks.