Peran Lembaga Ombudsman DIY dalam Penanganan Pungutan Pendidikan di Kabupaten Bantul
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran Lembaga Ombudsman DIY dalam menangani pungutan pendidikan di Kabupaten Bantul serta mendiskripsikan apa yang menjadi faktor pendukung dan faktor penghambat dalam menangani kasus pungutan pendidikan di Kabupaten Bantul. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi yang dilakukan di Lembaga Ombudsman DIY. Subjek penelitian ini adalah Kepala Lembaga Ombudsman DIY, Wakil Ketua (Komisioner), Asisten, Staf Pengaduan, dan orang tua atau masyarakat. Subjek dari penelitian ini dipilih berdasarkan teknik purposive sampling yaitu pengambilan sampel dengan menggunakan beberapa pertimbangan tertentu sesuai dengan kriteria yang diinginkan untuk dapat menentukan jumlah sampel yang akan diteliti. Data dianalisis dengan menggunakan pengumpulan data, reduksi data atau penyederhanaan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, peran Lembaga Ombudsman DIY dalam penanganan pungutan pendidikan di Kabupaten Bantul dilihat dari selama proses penanganan aduan kasus hingga tahap memberikan rekomendasi dan monitoring.
Kata kunci: Ombudsman, Pungutan, Pendidikan
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v12i1.19267
Refbacks
- There are currently no refbacks.