DINAMIKA KEBIJAKAN PENDIDIKAN MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 5 PURWOREJO

Muhammad Reza Febrianto, FIPP Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Dinamika Kebijakan Pendidikan di SMA Negeri 5 Purworejo pada masa pandemi Covid-19, faktor yang mempengaruhi perubahan tersebut, dan dampak dari perubahan tersebut pada sistem pendidikan di SMAN 5 Purworejo. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan menggunakan metode kualitatif dan teknik purposive sampling. Teknik ini digunakan untuk memilih informan yang sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya. Informan yang terpilih adalah kepala sekolah, dan guru di sekolah-sekolah yang terpilih secara purposive. Sumber data yang digunakan adalah kebijakan pendidikan yang dikeluarkan oleh pemerintah dan lembaga pendidikan selama pandemi COVID-19, serta hasil wawancara dengan informan. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa kebijakan pendidikan yang diterapkan di SMA Negeri 5 merujuk pada peraturan yang dibuat oleh pemerintah. Proses perumusan kebijakan dipimpin oleh kepala sekolah dengan melibatkan pengajar dan bekerja sama dengan lembaga satuan tugas covid-19. Pada tahun 2020 yaitu pembelajaran dilaksanakan secara daring penuh, tahun 2021 pembelajaran dilaksanakan secara tatap muka terbatas, dan pada tahun 2022 pembelajaran dapat dilaksanakan 100% secara luring di sekolah. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar pemerintah dan lembaga pendidikan terus melakukan evaluasi terhadap kebijakan pendidikan yang dikeluarkan selama pandemi COVID-19, serta memberikan solusi yang tepat untuk mengatasi masalah yang dihadapi oleh sistem pendidikan di SMAN 5 Purworejo.

 

Kata kunci: Dinamika, Kebijakan Pendidikan, Masa Pandemi Covid-19


Full Text:

PDF

References


Abdul Latip. (2020). Peran Literasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19.

Abidin, Z., Hudaya, A., & Anjani, D. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Research and Development Journal of Education.

Anugrahana, Andri. (2020). Hambatan, Solusi, dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 oleh Guru Sekolah Dasar. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma. Jurmal Pendidikan dan Kebudayaan, vol.10 No. 3 (2020) diunduh pada ejournal.uksw.edu/ scholaria/article/view/4033/1527

Arwildayanto, Sumar, Arifin Suking, & Warni Tune. (2018). ANALISIS KEBIJAKAN PENDIDIKAN Kajian Teoretis, Eksploratif, dan Aplikatif.

Aulia Maharani, Ahmad Susanto, Mutiarani. (2020). Dinamika Pembelajaran Berbasis Daring Peserta Didik Kelas 9 SMP Muhammadiyah 19 Saat Pandemi. E-ISSN: 2745-6080.

Ayu Ajeng Lutfiyah, Putri. (2022). Peran Kepala Sekolah Dalam Menerapkan Kompetensi Manajerial Untuk Mendukung Pelaksanaan Pembelajaran Pasca Pandemi Covid 19.

C. C. P. H. Ade, P. Dinda, H. Samsul Rivai. (2020) Analisis Tingkat Stres Akademik Pada Mahasiswa Selama Pembelajaran Jarak Jauh Dimasa Covid-19.

Djumiko, D., Fauzan, S., & Jailani, M. (2020). Panduan Kepala Sekolah Untuk Mengelola Sekolah Pada Masa Pandemic Covid-19. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 15(2), 56–69. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v15i2.1701

Gautam Kumar Chaudhary, Rohit Kalia. Development curriculum and teaching models of curriculum design for teaching institutes.

H.A.R Tilaar dan Riant Nugroho. (2009). Kebijakan Pendidikan : Pengantar Untuk Memahami Kebijakan Pendidikan dan kebijakan Pendidikan Sebagai Kebijakan Publik, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

H.M. Hasbullah, Kebijakan Pendidikan (Dalam Perspektif Teori, Aplikasi, dan Kondisi Objektif Pendidikan di Indonesia).

H.M. Hasbullah, Kebijakan Pendidikan. (2015). Dalam Perspektif Teori, Aplikasi, dan Kondisi Objektif Pendidikan di Indonesia, (Jakarta: Rajawali Pers.

Hanafi Saputra dan Yeni Marcelawati. (2020). Analisis Ruang Percepatan: Dinamika Pendidikan Di Era Pandemi Covid 19. RESIPROKAL Vol. 2 No. 2 (160-174) Desember 2020 p-ISSN: 2685-7626 e-ISSN: 2714-7614.

Handayani, L.S., & AZulaikhah, Z. (2020). Analisis Kebijakan Kepala Sekolah dalam Pembelajaran Daring Bagi Guru di Era New Normal. AULADUNA:Jurnal.

Hanum, N.S. (2013). Keefektifan e-learning sebagai media pembelajaran (studi evaluasi model pembelajaran e-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal pendidikan vokasi, vol.3, no.1 (2013) diunduh pada journal.uny.ac.id/index.php/jpu/article/view/1584/1314

Kemendikbud. (2021). Diakses di (https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/08/pelaksanaan-pembelajaran-tahun-ajaran-baru-20212022-mengacu-pada-kebijakan-ppkm-dan-skb-4-menteri)

Kemenko PMK. (2020). Tantangan Pendidikan di Massa Pandemi, Semua Orang Harus Jadi Guru. Diakses di (https://www.kemenkopmk.go.id/tantangan-pendidikan-di-massa-pandemi-semua-orang-harus-jadi-guru)

Koko Adya Winata, Qiqi Yuliati Zaqiah, Supiana, Helmawati. (2021). Kebijakan Pendidikan di Masa Pandemi.

Kuo, et al. (2014). Interaction, Internet self-efficacy, and self-regulated learning as predictors of student satisfaction in online education courses.Volume 20, pages 35-50.

Leni Marlina; Bashori, Bashori. (2021). Analisis Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19 (Analisisis SE Mendikbud No.4 tahun 2020)

Mulyasa. (2019). Manajemen & Kepemimpinan Kepala Sekolah. Remaja Rosdakary.

Nanang Fatah. (2013). Analisis Kebijakan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nasution, Wahyudin Nur. (2017). Strategi Pembelajaran. Medan: Perdana

Nurina, A. I., & Khamid, A. (2021). Parenting for Mother's Careers for Children during Covid-19 in Islamic Education. Bulletin of Science Education.

Nurul Arifa, Fieka. (2020). Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Covid 19. Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual dan Strategis. Vol. XII, No. 7/I/Puslit/April/2020.

Purwanto dkk. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of Education, Psychology, and Counselling. Volume 2 No. 1

Redaksi. (2012). Pengelolaan Pendidikan. UIN Sunan Gunung Djati Bandung. https://uinsgd.ac.id/pengelolaan-pendidikan/

Rohman, Arif. (2009). Politik Ideologi Pendidikan. Yogyakarta: LaksBang Mediatama.

Roida Pakpahan, Yuni Fitriani. (2020). Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19.

Surani, D., & Hamidah, H. (2020). Students Perceptions in Online Class Learning During the Covid-19 Pandemic. International Journal on Advanced Science, Education, and Religion.

Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran corona Virus Desease (Covid-19).

Syaiful Syagala. (2008). Administrasi Pendidikan Kontemporer, (Bandung: Alfabeta,).

Undang-Undang Kekarantinaan Kesehatan Pasal 59 Ayat 3 (2020).

Valentine, D. (2002). Distance learning: Promises, problems, and possibilities.

Widya Sari, Andi Muhammad Rifki, Mila Karmila. (2020). Analisis Kebijakan Pendidikan Terkait Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Darurat Covid-19.

Yenik Pujowati. (2021). Dinamika Kebijakan Pembelajaran Daring di Era Pandemi Covid-19. Volume 14 No 2, Oktober 2021, Hlm 158-164 http://journal.trunojoyo.ac.id/pamator. ISSN: 1829-7935.

Yoyon Bahtiar Irianto. (2012). Kebijakan Pembaruan Pendidikan: Konsep, Teori dan Model. Jakarta: Rajawali Pers.

Yuliah, Elih. (2020). Implementasi Kebijakan Pendidikan. Sukabumi: Pengawas Sekolah di Kementrian Agama, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Jurnal at-Tadbir: Media Hukum dan Pendidikan Volume30 Nomor 2 Tahun 2020 diunduh pada ejournal.staisyamsululum.ac.id/index.php/attadbir/article/view/58/57.




DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v12i2.19085

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Counter Web Analytics