IMPLEMENTASI KEBIJAKAN ASESMEN STANDARDISASI PENDIDIKAN DAERAH PADA SEKOLAH DASAR FAVORIT DI KOTA YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kebijakan Asesmen Standardisasi Pendidikan Daerah (ASPD) pada sekolah dasar Favorit di Kota Yogyakarta beserta faktor pendukung dan penghambatnya. Metode kualitatif deskriptif digunakan dalam penelitian ini. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan ASPD di Kota Yogyakarta pada sekolah dasar favorit telah berjalan sesuai dengan SOP yang berlaku. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan adanya kerja sama yang baik antara seluruh pihak sehingga kendala dapat segera teratasi. Faktor pendukung implementasi ASPD yakni pemahaman yang baik dalam menjalankan ASPD baik di tahun 2021 hingga 2022. Faktor penghambat yang ditemukan yakni terdapat sarana dan prasarana yang kurang memadai untuk ASPD 2022 berbasis komputer seperti jumlah komputer yang tersedia tidak seimbang dengan jumlah peserta ASPD disetiap sekolah, siswa belum lancar dalam mengoperasikan komputer, serta butir soal yang diberikan dianggap kurang sesuai dengan kurikulum yang berjalan karena merupakan irisan kurikulum 2006 dan kurikulum 2013.
Kata Kunci: Kebijakan Asesmen Standardisasi Pendidikan Daerah (ASPD), Sekolah Dasar Favorit, Implementasi Kebijakan
Full Text:
PDFReferences
Amanda Permatasari, I. (2020). Kebijakan Publik (Teori, Analisis, Implementasi Dan Evaluasi Kebijakan). TheJournalish: Social and Government, 1(1), 33-37.
Anggy Giri Prawiyogi, Andri Purwanugraha, Ghulam Fakhry, & Marwan Firmansyah. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pembelajaran Siswa Di Sdit Cendekia Purwakarta. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 94-101.
Awandha, Nio Nehru. Asesmen Kompetensi Sebagai Bentuk Perubahan Ujian Nasional Pendidikan Indonesia: Analisis Dampak Dan Problem-Solving Menurut Kebijakan Merdeka Belajar. Universitas Islam Balitar Blitar.
BPS Provinsi D.I. Yogyakarta,” diakses 03 Mei 2022, https://yogyakarta.bps.go.id/dynamictable/2018/01/29/83/jumlah-sekolah-menurut-tingkatan-sekolah-dan-kabupaten-kota-di-d-i-yogyakarta.html.
Data Pokok Pendidikan, diakses pada tanggal 03 Mei 2022, dari https://dapo.kemdikbud.go.id/sekolah/CA092C50DE6849F0E8C9
Fadhilah, V., Setiawan, F., Indriani, T., & Yulianti, S. (2022). Analisis Kebijakan Asasemen Nasional Pengganti Ujian Nasional terhadap Evaluasi Pendidikan di Indonesia. ALSYS, 2(4), 514-523
Fajri,H,Ismail. (2015). Pro Kontra Ujian Nasional. AL-RIWAYAH: JURNAL KEPENDIDIKAN Volume 7, Nomor 2, September 2015, 301-324.
Hadi, L. (2020). Pro dan Kontra Kebijakan Merdeka Belajar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(4), 812-818.
Hadi, Sumasno. Ujian Nasional Dalam Tinjauan Kritis Filsafat Pendidikan Pragmatisme. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Antasari Banjarmasin.
Hayati, R. (13 Agustus 2022). Pengertian Teknik Sampling, Jenis, dan Contohnya. Diambil pada tanggal 15 Agustus 2022 dari https://penelitianilmiah.com/teknik-sampling/
Hidayah, L. (2021). Asesemen Ujian Nasional Dari Masa Ke Masa Dan Solusinya: Indonesia. Al-Mafahim: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(2), 11-20.
Hidayah, Nurul. (2013). Ujian Nasional Dalam Perspektif Kebijakan Publik. Jurnal Pencerahan Volume 7, Nomor 1, (Maret) 2013 Halaman 35-40
Milles dan Huberman, Analisis Data Kualitatif, Jakarta: Universitas Indonesia Press, 1992, hlm. 16.
Mukhlishoh, N., & Bakar, M. Y. A. . (2021). Ujian Nasional: Harapan dan tantangan. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 9(2), 59–65.
Novitawati. (2013). Kesiapan Sekolah Anak Taman Kanak Kanak Berbasis Model Pembelajaran Sentra. Jurnal Pendidikan Usia Dini. Volume 7, Edisi 1 April 2013
Nur’ainah, N., Muazza, M., & Rahman, K. (2022). Persepsi Guru tentang Implementasi Asesmen Nasional sebagai Alat Evaluasi Sistem Pendidikan di MIN Batanghari. MANAZHIM, 4(2), 411-426.
Nurkholis. (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, Vol. 1 No. 1 Nopember 2013, 24-43
Safitri. (2019). Dampak Penghapusan Ujian Nasional Yang Akan Diganti Dengan Sistem Asasmen Kompetensi Dan Survey Karakter. Jurnal Kewarganegaraan. Vol. 3 No. 2 Desember 2019. Universitas PGRI Yogyakarta
Simbolon, Kerdid (2020) Ujian Nasional Sebagai Penentu Kelulusan Merugikan Peserta Didik. Universitas Kristen Indonesia
Syafi’i Imam. (2011). Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Implementasi MPMBS.
Tim TIK SD Lempuyangwangi, diakses pada tanggal 03 Mei 2022, dari https://www.sdlempuyangwangi.sch.id/
Tim Portal Purwokerto 04. (14 Juni 2021). Nilai ASPD SD Jogja 2021 Sudah Tersebar, Bisa untuk Daftar PPDB SMP Jogja 2021, Datanya di Sini!. Diambil pada tanggal 04 Mei 2022 dari https://portalpurwokerto.pikiran-rakyat.com/regional/pr-1152051499/nilai-aspd-sd-jogja-2021-sudah-tersebar-bisa-untuk-daftar-PPDB-smp-jogja-2021-datanya-di-sini?page=2
Winarno, B. (2014). Kebijakan Publik (Teori, Proses, dan Studi Kasus. Jakarta: CAPS (Center of Academic Publishing Service).
Wulandari., Wibawa, S., Fitrotun, A., Arafik, M. (2022). Digitalisasi Assessmen di Sekolah Dasar di Era 4.0. Vol. 1 No. 1 (2022): PROSIDING WEBINAR NASIONAL PGSD UST 2022.
Yuliah, E. (2020). Implementasi Kebijakan Pendidikan. Jurnal At-Tadbir : Media Hukum Dan Pendidikan, 30(2), 129-153.
Zakaria, M. (2018). Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Standard Pendidikan Nasional (Analisis Struktur Fungsi). EL-HIKMAH: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Islam, 12(1), 22-30.
DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v13i1.18574
Refbacks
- There are currently no refbacks.