IMPLEMENTASI PROGRAM BEASISWA SATU RUMAH SATU SARJANA DALAM UPAYA PERLINDUNGAN SOSIAL DI DESA PANGGUNGHARJO SEWON BANTUL

Akhmad Makhasin, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi serta faktor pendukung dan penghambat program beasiswa satu rumah satu sarjana di Desa Panggungharjo Sewon Bantul dengan menggunakan model implementasi Van Horn dan Van meter. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif kemudian diuji dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa program beasiswa satu rumah satu sarjana dikatakan berhasil karena telah sesuai dengan beberapa ketentuan peraturan program. Program ini bertujuan untuk memberikan akses pendidikan bagi siswa dari keluarga kurang mampu di Desa Panggungharjo. Sumber daya program meliputi Bapel JPS, dana desa, dan sarana prasarana. Hubungan antar organisasi melalui komunikasi dan koordinasi. Karakteristik organisasi pelaksana memiliki struktur organisasi dan pembagian tugas. Kondisi lingkungan didukung setiap organisasi yang terlibat. Disposisi tercermin dari komitmen kemampuan agen pelaksana. Faktor pendukung program meliputi sokongan dana, personalia Bapel JPS, dan dukungan dari lingkungan. Faktor penghambatnya financial literacy masyarakat rendah, SDM terbatas, dan fasilitas komputer sedang rusak.

Kata Kunci: Kata kunci: Implementasi kebijakan, beasiswa satu rumah satu sarjana, beasiswa pedesaan


Full Text:

PDF

References


Arwildayanto, Arifin, S., & Warni, S. T. (2018). Analisis Kebijakan Pendidikan Kajian Teoritis, Eksploratif Dan Aplikatif. Kebijakan Publik. (1 ed., Vol. 53). Bandung: Cendekia Press.

Badan Pusat Statistik. (2021). Angka Partisipasi Sekolah (APS) 2018-2020. Diambil 26 Oktober 2021, dari https://www.bps.go.id/indicator/28/301/1/angka-partisipasi-sekolah-a-p-s-.html

Badan Pusat Statistik. (2022). Persentase Penduduk Miskin (P0) Menurut Provinsi dan Daerah. Diambil dari https://www.bps.go.id/indikator/indikator/view_data/0000/data/192/sdgs_10/1

Bayu, D. J. (2020). Korupsi Dana Desa Paling Banyak Terjadi Selama Semester I/2020. Diambil 12 Oktober 2021, dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/09/30/korupsi-dana-desa-paling-banyak-terjadi-selama-semester-i2020

Elfarabi, M. F. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Angka Partisipasi Sekolah di Indonesia. Universitas Islam Indonesia.

Faddillah, U. (2020). Bonus Demografi dan Peran Dunia Pendidikan. Diambil 12 Februari 2022, dari https://republika.co.id/berita/qdszg0374/bonus-demografi-dan-peran-dunia-pendidikan

Hanida. (2021). Pengertian Beasiswa, Manfaat hingga Jenisnya. Diambil 24 Oktober 2021, dari https://hanida-foundation.or.id/pengertian-beasiswa-manfaat-hingga-jenisnya/

Hasbullah, H. M. (2016). Kebijakan Pendidikan dalam Perspektif Teori, Aplikasi, dan Kondisi Objektif Pendidikan di Indonesia (2 ed.). Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Karinanti, I. (2018). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Minat Remaja Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Pada Masyarakat Bajo Desa Lakarama Kec. Towea Kab. Muna. Skripsi. Institut Islam Negeri Kendari. Diambil dari http://digilib.iainkendari.ac.id/1351/

Kemendikbud. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (2003).

Khairunnisa, K., Hartoyo, S., & Anggraeni, L. (2015). Determinan Angka Partisipasi Sekolah SMP di Jawa Barat. Jurnal Ekonomi dan Pembangunan Indonesia, 15(1), 91. https://doi.org/10.21002/jepi.v15i1.444

Murniasih, E. (2009). Buku Pintar Beasiswa (1 ed.). Jakarta Selatan: GagasMedia. Diambil dari https://books.google.co.id/books?id=CpZg2Oujy1IC&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false

Muslimah, W. (2019). Program Satu Rumah Satu Sarjana Studi Implementasi Kebijakan Di Desa Ponggok Polanharjo Klaten. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Panggungharjo.desa.id. (2018). Prestasi. Diambil 12 Oktober 2021, dari https://www.panggungharjo.desa.id/prestasi/

Roziqin, A., & Yusuf, I. M. (2019). Implementasi Kebijakan Beasiswa Bidikmisi: Studi Kasus di Universitas Diponegoro. Jurnal Ilmu Administrasi, 8.

Septian, A., & Ahmad, M. R. S. (2020). Dampak Pemanfaatan Beasiswa Bidikmisi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sosiolosi Universitas Negeri Makasar. Jurnal Sosialisasi, 7, 14–20. Diambil dari https://www.researchgate.net/publication/341828218_DAMPAK_PEMANFAATAN_BEASISWA_BIDIKMISI_MAHASISWA_PROGRAM_STUDI_PENDIDIKAN_SOSIOLOGI_UNIVERSITAS_NEGERI_MAKASSAR

Sidik, F. (2019). Kemiskinan dan Pembangunan Sektor Pendidikan di Kabupaten Ngawi: Merumuskan Isu Strategis. Jurnal Pembangunan Pendidikan, 3. Diambil dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jppfa/article/downloadSuppFile/32210/7251

Sirait, S. C. (2017). Tanggung Jawab Pemerintah Untuk Memberikan Pendidikan Kepada Anak Terlantar Dalam Perspektif Undang-Undang Perlindungan Anak. De Lega Lata, 2(1), 158–182. https://doi.org/10.31219/osf.io/75tp2

Subarsono, A. (2015). Analisis Kebijakan Publik Konsep, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (4 ed.). Bandung: Alfabeta CV.

Suharno. (2013). Dasar- Dasar Kebijakan Publik : Kajian Proses dan Analisis Kebijakan. Yogyakarta: Ombak.

Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Bagian Hak Asasi Manusia (2002). Diambil dari https://www.dpr.go.id/jdih/uu1945

Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Bagian Pendidikan dan Kebudayaan (2002). Diambil dari https://www.dpr.go.id/jdih/uu1945

Utomo, P. (2011). Analisis Kontribusi Pemberian Beasiswa Terhadao Peningkatan Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 20. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jptk.v20i1.7759




DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v12i1.18119

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Counter Web Analytics