IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) ZONASI DI SMA NEGERI 3 YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan proses implementasi kebijakan PPDB zonasi di SMA Negeri 3 Yogyakarta, 2) Mendeskripsikan aspek implementasi kebijakan PPDB zonasi di SMA Negeri 3 Yogyakarta, 3) mendeskripsikan input dan output peserta didik SMA Negeri 3 Yogyakarta sebelum dan setelah adanya PPDB zonasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan mix method embedded. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) proses implementasi kebijakan PPDB zonasi (a) interpretasi sekolah terhadap kebijakan PPDB zonasi dipandang sebagai kebijakan yang memiliki sisi positif dan negatif, (b) pengorganisasian pelaku kebijakan mengacu pada juknis, (c) pelaksanaan PPDB zonasi mengacu pada juknis. 2) aspek implementasi kebijakan PPDB
zonasi (a) komunikasi dilakukan secara online dan offline (b) SDM berasal dari guru dan karyawan, sumber dana adalah dana BOS dan komite, sumber daya peralatan sudah mencukupi (c) pelaksana kebijakan telah melaksanakan tugas sesuai job deskripsi (d) struktur birokrasi disusun berdasarkan kompetensi panitia. 3) input peserta didik menjadi beragam dan output peserta didik mengalami peningkatan pada tahun 2019 dan penurunan di tahun 2020.
Full Text:
PDFReferences
Anggara, Dwi Prastica. (2015). Studi Eksplorasi Tentang Prestasi Akademik dan Non Akademik Peserta Didik di SMP Negeri 2 Jatiroto Kabupaten Wonogiri. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Azis, R., Djono, Purwanta, H. (2020). Pengaruh Penerapan Sistem Zonasi dalam Penerimaan Siswa Baru terhadap Manajemen Pembelajaran Sejarah di SMA Se-Kabupaten Sleman (Study Kasus di SMAN 1 Kalasan, SMAN 1 Prambanan, SMAN 1 Minggir). Jurnal Candi. 20 (2).
Chapman, D. (2002). Management and Efficiency in Education: Goals and Strategies. ManilaHongkong: Asian Development Bank and Comparative Education Research Center. The University of Hongkong.
Elga, A. Sistem Zonasi dan Dampak Psikososial Bagi Peserta Didik. Majalah Info Singkat. Vol. IX, No. 14/II/Puslit/Juli/2017.
Fathurrahman, Muhammad dan Sulistyorini. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Teras.
Hidayat, R., dan Abdillah. (2019). Ilmu Pendidikan “Konsep, Teori dan Aplikasinya”. Medan: Penerbit LPPPI.
Iswinarno, Chandra. (2019). Tuai Protes, Sistem Zonasi PPDB Online DIY 2019/2020 Diperluas. Diakses tanggal
September 2021 dari https://jogja.suara.com/read/2019/06/12
/195343/tuai-protes-sistemzonasi-ppdb-
online-diy-
diperluas?page=all.
Keputusan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga DIY Nomor 04174/Kepka/2021 tentang Standar Operasional Prosedur Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Daring/Online Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun Pelajaran 2021/2022.
Machali, I., & Hidayat, A. (2016). The Hand Book of Education Management: Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia (Kedua). Jakarta: Prenadamedia Group.
Miles dan Huberman. (2014). Qualitative Data Analyzis. California: Sage Publication.
Nugroho, Riant Dwijowijoto, (2009). Kebijakan Publik Formulasi, Implementasi, dan Evaluasi. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Nur, Suhaebah. (2014). Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Minat Belajar PKN pada Peserta Didik di SMA 1 Polewali. Jurnal Pepatuzdu, 8 (1).
Peraturan Gubernur DIY Nomor 45 Tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis Penerimaan Peserta Didik Baru Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Kejuruan, dan Sekolah Luar Biasa Tahun Pelajaran 2021/2022.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 6 Tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah Reguler.
Permendikbud Nomor 17 Tahun 2017 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru pada Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Kejuruan, atau Bentuk Lain yang Sederajat.
Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan Setjen Kemendikbud, Jakarta, 2018. Diakses dari http://publikasi.data.kemdikbud.go.id/u
ploadDir/isi_BF0CF9C3-2C2B-4A54-
-2CB8BB80470B_.pdf
Sawiji. (2008). Pendamping Materi Kewarganegaraan. Klaten: Penerbit Agung.
Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19.
Surat Edaran Mendikbud Nomor 1 Tahun 2021 tentang Peniadaan Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan serta Pelaksanaan Ujian Sekolah dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).
Widodo, Joko. (2010). Analisis Kebijakan Publik, Konsep dan Aplikasi Analisis Kebijakan Publik. Malang: Bayu Media.
Zulkarnaen & Handoyo, A. D. (2019).Faktor-faktor Penyebab Pendidikan tidak Merata di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional “Menjadi Mahasiswa yang Unggul di Era Industri 4.0 dan Society 5.0”, Yogyakarta: 28 Desember 2019. Hal 20-24.
DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v11i4.18079
Refbacks
- There are currently no refbacks.