Pelaksanaan FLS2N dalam Pengembangan Pendidikan Berbasis Budaya Lokal Jenjang SMP

Mery Susan Kristiani Daniel, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) dalam pengembangan pendidikan berbasis budaya lokal. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti pada penelitian ini ialah observasi, wawancara serta studi dokumentasi. Hasil dari penelitian adalah sebagai berikut: (1) Pelaksanaan FLS2N jenjang SMP tahun 2021 di Kabupaten Karanganyar didukung oleh, a) Komunikasi berupa koordinasi antar tim pelaksana, komunikasi dengan sekolah serta komunikasi dengan guru pembina/pelatih melalui kegiatan pembinaan, b) Sumberdaya pada pelaksanaan FLS2N jenjang SMP tahun 2021 didukung oleh ketersediaan tim pelaksana dengan jumlah yang memadai serta kompeten di bidangnya,fasilitas serta sumber dana yang menunjang terlaksananya kegiatan FLS2N, c) Pihak-pihak yang terlibat sebagai pelaksana memiliki komitmen serta tanggung jawab terhadap tugas-tugas mereka, d) Struktur birokrasi dibuat oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Karanganyar dengan pembagian wewenang yang jelas.


Full Text:

PDF

References


Ayatrohaedi. (1986). Kepribadian budaya bangsa (local genius). Jakarta: Pustaka Jaya.

Ahmad, Haidlor Ali. (2010). Kearifan Lokal sebagai Landasan Pembangunan Bangsa. Harmoni Jurnal Multikultural & Multireligius. 34(IX). 7-9

Kemendikbud. (2012). Program pendidikan keaksaraan berbasis seni budaya lokal tahun 2012. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Nasir. (2013). Pengembangan pendidikan karakter berbasis budaya lokal di SMPN 2 Kendari. Tesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. http://eprints.ums.ac.id/26406/13/Publikasi_Ilmiah.pdf

Rahyono, F.X. (2009). Kearifan budaya dalam kata. Jakarta: Wedatama Widyasastra.

Rukiyati & L. Andriani Purwastuti. (2016). Model pendidikan karakter berbasis kearifan lokal pada sekolah dasar di bantul yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter. VI(1), 132-136.

https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.10743

Subijanto.(2015). Kebijakan program pendidikan berbasis keunggulan lokal di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Pekalongan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 21(2). 118-120. https://doi.org/10.24832/jpnk.v21i2.181

Sugianti, Aniek. (2012). Modul pelatihan calon pelatih pendidikan anak usia dini angkatan II :Pembelajaran berbasis budaya lokal. Semarang: Pusat Pengembangan Pendidikan Non Formal dan Informal.




DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v11i4.18067

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik CounterĀ Web Analytics