DINAMIKA POLITIK KEBIJAKAN DANA ALOKASI KHUSUS FISIK BIDANG PENDIDIKAN DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA POLITICAL DYNAMICS OF PHYSICAL DAK POLICY FOR EDUCATION IN YOGYAKARTA

Much Ibnu Prasetyo, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dinamika politik dan implikasi yang ditimbulkan dalam pelaksanaan kebijakan Dana Alokasi Khusus Fisik Bidang Pendidikan tahun anggaran 2021 di Provinsi D.I Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kebijakan dengan metode kualitatif. Pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara dan studi dokumen. Subjek penelitian ini terdiri atas pejabat di Dinas Pendidikan dan pihak penerima manfaat yakni Sekolah Menengah Atas. Analisis yang digunakan merupakan model analisis interaktif Miles, Huberman dan Saldana melalui aktivitas pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menujukan bahwa: pertama, pelaksanaan DAK Fisik Bidang Pendidikan mengalami perubahan yakni peralihan wewenang pengelolaan DAK Fisik dari sekolah ke Dinas Pendidikan, secara normatif perubahan ini meringankan beban sekolah dalam pengelolaannya. Kedua, pengelolaan anggaran bidang pendidikan tidak lepas dari faktor-faktor politik. Ketiga, peralihan wewenang pengelolaan DAK Fisik berimplikasi pada kualitas bangunan yang kurang maksimal. Keempat, peralihan ini berimplikasi pada hilangnya multiplier effect bagi masyarakat sekitar sekolah.

Kata kunci: dinamika politik, kebijakan, DAK fisik bidang pendidikan

Abstrack

This study aims to describe the dynamics and impacts caused by the implementation of the Physical Special Allocation Fund (DAK) policy for education sector in the 2021 fiscal year in D.I Yogyakarta Province. This research is a policy research with a qualitative method. Data collection was carried out through interviews and document studies. The subjects of this study consisted of officials at the Education Office and the parties who received the benefits, namely high schools. The analysis used is Miles, Huberman and Saldana's interactive analysis model through data collection activities, data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of the study show that: first, the implementation of the Physical DAK in the Education Sector underwent a change, namely the transfer of authority to manage the Physical DAK from schools to the Education Office, normatively this change eased the burden on schools in its management. Second, budget management in the education sector cannot be separated from political factors. Third, the transfer of authority for the management of Physical DAK has implications for less than optimal building quality. Fourth, this shift has implications for the loss of the multiplier effect for the community around the school.

 

Keyword: politics dynamics, policy, physical DAK for education sector


Full Text:

PDF

References


Arwildayanto., Lamatenggo, N., & Sumar, W. T. (2017). Manajeman Keuangan dan Pembiayaan Pendidikan. Jawa Barat: Widya Padjadjaran.

Aziz, N.L.L. (2016). Politik Anggaran Pelaksanaan Pilkada Serentak di Indonesia. Jurnal Masyarakat Indonesia, 42, 51-64.

Compston, H. (2009). Policy Networks and Policy Change: Putting Policy Network Theory to the Test. New York: Palgrave Macmillan.

Chotimah, H. C. (2012). Multiplier Effect Pengembangan Potensi Ekonomi Daerah Melalui Industri Kerajinan Anyaman Pandan di Kabupaten Kebumen. Skripsi. Depok: Universitas Indonesia.

Dwiyato, A. (2015). Administrasi Publik: Desentralisasi, Kelembagaan, dan Aparatur Sipil Negara. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Fajarini, C. D., Kintamani, I., Relisa., et al. (2018). Kajian Pendanaan Pendidikan Pusat dan Daerah. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Penelitian dan Pengembangan

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Farhan, Y. (2018). The Politics of Budgeting in Indonesia. Thesis. Sydney: University of Sydney.

Herzon, Y. (2011). Politik Anggaran: Studi Tentang Proses Perumusan Kebijakan Anggaran Belanja Langsung SKPD dalam Penyusunan APBD Tahun 2011 di Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi. Tesis. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Kanwil Ditjen Perbendaharaan DIY. (2020). Laporan Pemantauan dan Evaluasi Penyaluran DAK Fisik, Dana Desa, dan Dana BOS Semester II. Yogyakarta: Kanwil Ditjen Perbendaharaan Perbendaharaan Provinsi D.I. Yogyakarta.

Miles, B. M., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. USA: Sage Publications.

Maryono. (2021). Saat Daerah Dirundung Masalah DAK yang Berulang. Diakses tanggal 22 Mei 2022 dari https://infoanggaran.com/detail/saat-daerah-dirundung-masalah-dak-yang-berulang-

Majchrzak, A. (1984). Methods For Policy Research. California: Sage Publications, Inc.

Purwanto, E.A,. Pramusinto, A., Kumorotomo, W. et al. (2015). Mengembangkan Profesi Analis Kebijakan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Putra, A.P., Wijayanti, T., & Prasetyo, J.S. (2017). Analisis Dampak Berganda (Multiplier Effect) Objek Wisata Pantai Watu Dodol Banyuwangi. Journal of Turism and Creativity, 1, 141-154.

Rich, C. R. (2018). Empirical Political Analysis: Quantitative and Qualitative Research Methods. New York: Routledge.

Rosser, A. (2018). Beyond Access: Making Indonesia’s Education System Work. Analysis. Sydney: Lowy Institute.

Siswantari, Fajarini, C.D., Suryawati, D., et al. (2019). Penyimpangan Dana Alokasi Khusus Bidang Pendidikan. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sari, L. S., Purwadi, A., Sulistiono, A.A., et al. (2019). Pemanfaatan Dana Alokasi Khusus Bidang Pendidikan. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan Dan Kebudayaan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Sidney, M. S. (2007). Policy Formulation: Design and Tools. Handbook of Public Policy Analysis: Theory, Politics and Method. New York CRC: Press Taylor & Francis Group.

Sholeh, M. (2016). Keefektifan Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 1, 41-54.

Suryapriadi, Y.E., Gaffar, M.F., Wahab, A.A., et. al. (2020). Pengelolaan Guru Berbasis Kinerja di Sekolah Laboratorium Percontohan (LABSCHOOL). Jurnal Administrasi Pendidiakan, 27, 76-89.

Tedjawati, J. (2011). Kajian Pelaksanaan Dana Alokasi Khusus Bidang Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 17, 608-618.

Tobing, M.S.L. & Brodjonegoro, B.P.S. (2013). Faktor Politik dalam Alokasi Dana Antarpemerintah Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Pembangunan Indonesia, 13, 143-158.

Usman, S., Mawardi, M.S., Poesoro, A., et al. (2008). Laporan Penelitian Mekanisme dan Penggunaak Dana Alokasi Khusus (DAK). Jakarta: Smeru Research Institute.

Winengan. (2019). Dinamika Perumusan Kebijakan Publik. Mataram: Sanabil.

World Bank. (2010). Laporan Penelitian Dana Transfer Pusat ke Daerah: Penyempurnaan Grand Desain Desentralisasi Fiskal. Decentalization Suppoet Facility World Bank.




DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v11i3.18049

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Counter Web Analytics