KINERJA SEKOLAH BERBASIS KELAS KHUSUS OLAHRAGA DI SEKOLAH ATAS NEGERI 1 SEWON

Ari Fitriana, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) program pembinaan atlet SMAN 1 Sewon (2) kinerja sekolah berbasis kelas khusus olahraga (KKO) di SMAN 1 Sewon (3) kendala dan upaya mengatasi permasalahan dalam kinerja sekolah berbasis KKO. Penelitian deskriptif kualitatif ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini kepala sekolah, wakil kepala bidang kesiswaan, bendahara, koordinator KKO, guru KKO, pelatih, dan peserta didik KKO. Data penelitian dianalisis menggunakan model Miles Huberman and Saldana. Uji keabsahan data menggunakan trianggulasi (sumber  & teknik). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) program pembinaan atlet dilakukan oleh sekolah, dinas DIKPORA dan FIK UNY (2) kinerja sekolah berbasis KKO di SMAN 1 Sewon diukur berdasarkan 3 indikator (input, proses dan output) (3) kendala berjalannya program KKO diantaranya konsentrasi belajar dan manajemen waktu peserta didik diatasi dengan motivasi dan dispensasi. Mis koordinasi pelatih dengan guru mata pelajaran diupayakan dengan pembagian peran saat perlombaan. Kendala sarana prasarana diatasi dengan sewa dan memanfaatkan sarana pengurus kabupaten. Kendala kesejahteraan pelatih diupayakan dengan pemberian motivasi dan pembinaan pada pelatih.

Full Text:

PDF

References


Buku

Haris, Ikhfan. 2016. Indeks Kinerja Sekolah; Konsep Dan Aplikasi Pengukuran Kemandirian Mutu Dan Inovasi Pengelolaan Sekolah. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru

Rorimpande, W.H.F. (2012). Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Guru Sekolah Dasar. Malang: ahli media press.

Rohman, Arif. (2009). Politik Ideologi Pendidikan. Yogyakarta: LaksBang Mediatama.

Rohman, Arif, (2012). Membebaskan pendidikan; refleksi menuju penyelenggaraan demokrasi pendidikan di Indonesia. Yogyakarta :Aswaja Pressindo.

Sugiyono (2019) Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alabeta.

Jurnal

Khodari, Rahmad. (2016). Evaluasi Program Pendidikan Kelas Khusus Olahraga

Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sewon Bantul Yogyakarta. FKIP Universitas Nahdatul Ulama Cirebon. Jurnal Multilateral, Volume 15, No. 2 Desember 2016

Liza Oktavina, Tono Sugihartono & Ari Sutisyana (2018) Implementasi Kebijakan Kelas Olahraga Di Smp Negeri Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani,2 (1) 2018. ISSN 2477-331X

Maesih, Missy (2017) Manajemen Sarana Dan Prasarana Olahraga Di Sma Penyelenggara Kelas Khusus Olahraga (Kko) Se-Kabupaten Sleman. Jurnal Manajemen Pendidikan Edisi September Tahun 2017

Rasto. (2012) Mengukur kinerja sekolah. Tinjauan pustaka 13 desember 2012. Prodi Pendidikan Manajemen Perkantoran Fakultas Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis||Universitas Pendidikan Indonesia.

Undang-Undang

Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional




DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v11i3.18046

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Counter Web Analytics