IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KELAS KHUSUS OLAHRAGA DI SMAN 2 NGAGLIK PADA MASA PANDEMI COVID-19

afif mar'atus sholihah,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Kebijakan Kelas Khusus Olahraga (KKO), Sistem Pendidikan KKO, dan Faktor Penghambat KKO SMAN 2 Ngaglik pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari tujuh orang. Analisis data menggunakan model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana, uji keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan (1) implementasi kebijakan KKO SMAN 2 Ngaglik pada masa pandemi Covid-19 terdiri atas enam aspek yaitu standar dan tujuan, sumber daya, karakteristik agen pelaksana, disposisi, komunikasi dan kondisi lingkungan. (2) Sistem Pendidikan KKO yaitu Input peserta didik lulusan SMP/SLTP yang dilakukan dengan seleksi dari sekolah dan proses pendidikan KKO tidak dapat dilaksanakan di sekolah karena pandemi Covid-19 tetapi dilakukan di klub nya masing-masing. (3) Faktor penghambat KKO adalah tidak ada ijin dari dinas untuk melaksanakan kegiatan KKO di sekolah karena pandemi Covid-19 dan keterbatasan dana


Full Text:

PDF

References


Arwildayanto, dkk. (2018) Analisis Kebijakan Pendidikan: Kajian Teoritis, Eksploratis, & Aplikatif. Bandung: CV Cendekia Press.

BAPPEDA Sleman. (2014). Seminar Kajian Kelas Khusus Olahraga.

Bupati Sleman. (2013). Peraturan Bupati Sleman Nomor 6 Tahun 2013 Tentang Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru Pada Taman Kanak-Kanak & Sekolah

Bupati Sleman. (2019). Peraturan Daerah Kabupaten Sleman Nomor 5 Tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan Keolahragaan.

Craswell, J.W. (2010). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, & Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Fauzi, M. I. (2019). Implementasi Kebijakan Kelas Olahraga di Sekolah Menegah Pertama Negeri 3 Pleret. Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan, 8(2), 134-139. UNY:FIP

Imron, A. (2011). Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara

Katar, A. 2015. Evaluasi Pendidikan: Input, Proses dan Output dalam Sistem Pendidikan. Webblog Pendidikan Agama Islam, Sosisal, & Keagamaan, IAIN STS Jambi.

Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19)

Khodari, R. (2017). Evaluasi Program Pendidikan Kelas Khusus Olahraga Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sewon Bantul Yogyakarta. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani & Olahraga, 15(2), 124-132

Mahendra, A. (2017). Pengembangan Manajemen Kelas Olahraga: Pokok-pokok Pikiran tentang Pengembangan Pembinaan Olahraga Bagi Pelajar. JTIKOR (Jurnal Terapan Ilmu Keolahragaan), 2(2), 96-105. Bandung: UPI

Milles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis a Methods Sourcebook (3rd ed.). Arizona: United States of America.

Mustafa, W. I. (2016). Pembinaan Peserta Didik Kelas Khusus Olahraga (KKO) Di SMA N SE Kabupaten Sleman Yogyakarta. Hanata Widya, 5(4). UNY

Purba, S, Dkk. (2021). Analisis Kebijakan Pendidikan. Sumatra Utara: Yayasan Kita Menulis.

Rohman, A. (2014). KEBIJAKAN PENDIDIKAN: Analisis Dinamika Formulasi dan Implementasi. Yogyakarta: Aswaja Pressindo

UU RI. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Wibowo & Andriyani. (2014). Pengembangan Ekstrakulikuler Olahraga Sekolah. UNY: FIK

Winarno, B. (2002). Teori dan Proses Kebijakan Publik. Yogyakarta: Media Pressindo.

Yusuf & Usman. (2021) Optimisme Menghadapi Tantangan Pandemi Covid-19. Jawa Tengah: PT. Nasya Expanding Management




DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v11i2.18022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik CounterĀ Web Analytics