Program Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal Dalam Mengatasi Angka Putus Sekolah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan program Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal (Disdikbud Kota Tegal) dalam mengatasi angka putus sekolah beserta perannya dalam mengupayakan keberhasilan program. Jenis penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek berjumlah delapan orang dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dengan wawancara dan studi dokumentasi. Data analisis menggunakan model interaktif Miles Hubberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil Penelitian menunjukkan, (1) Program yang ditetapkan dalam mengatasi angka putus sekolah yang pertama yaitu Program ASELA DIJAKETI dimana terdapat dua kegiatan yaitu Si Abang Belajar dan SKB Inklusi, program yang kedua yaitu Taruni PAUD. (2) Peran Disdikbud Kota Tegal dalam perumusan program yaitu terdapat perintah dan koordinasi dimana Disdikbud Kota Tegal sebagai aktor utama dalam program dan memiliki kuasa dalam upaya mensukseskan program salah satunya dengan bekerja sama dan bebas dalam menentukan partnernya.
Kata Kunci: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, program, angka putus sekolah
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, S. N. (2011). Pendidikan dan Masyarakat. Yogyakarta: Sabda.
Arikunto, S. (2005). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Atmoko, A. T. (2014). Kebijakan Pemerintah Dalam Pengentasan Siswa Putus Sekolah Tingkat Menengah di Kabupaten Batang. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Diponegoro
Elwijaya, F., Mairina, V., Gistituati, N. (2018). Konsep Dasar Kebijakan Pendidikan. Analisis Kebijakan Pendidikan, 6(1), 67–71.
Evi, Iskandar, M. (2019). Upaya Lembaga Satuan Pendidikan Non Formal Sanggar Kegiatan Belajar ( SPNF SKB ) Mapande Terhadap Siswa Putus Sekolah Di Desa Toaya Vunta Kecamatan Sindue Permasalahan dalam artikel ini yaitu ( a ) Bagaimana upaya Lembaga SPNF SKB Mapande mengatasi siswa. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(1).
Gunawan, A. . (2010). Sosiologi Pendidikan: Suatu analisis sosiologi tentang pelbagai problem pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Hardani., Andriani H., Ustiawaty, J., Utami, Evi F., Istiqomah., Fardani, R.A., Sukmana, D.J., Auliya, N. . (2017). Buku Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif (Issue April). Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu.
Hardi. (2017). “Peran Dinas Pendidikan Dalam Pengelolaan Pendidikan Non Formal Program Paket C Di Kabupaten Malinau.” Skripsi. Kalimantan: Universitas Borneo Tarakan.
Irianto, Y. B. (2012). Kebijakan Pembaharuan Pendidikan: Konsep, Teori dan Model. Jakarta: PT. Raja Grafinto Persada.
Morin, Benjamin; Pati, A. S. F. (2017). Strategi Dinas Pendidikan Dalam Meminimalisir Anak Putus Sekolah Di Kota Bitung. Jurnal Eksekutif, 1(1).
Moses. (2012). Analisis Pengaruh Pendidikan, Pelatihan, Dan Pengalaman Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Papua. Media Riset Bisnis & Manajemen, 12(1), 18–36.
Rohman, A. (2012). Kebijakan Pendidikan Analisa Dinamika Formulasi dan Implementasi. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Rusdiana. (2015). Kebijakan Pendidikan (dari Filosofi ke Implementasi). Bandung: Pustaka Setia.
Sokanto, S. (2002). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafinto Persada.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryadi. (2014). Permasalahan Dan Alternatif Kebijakan Pendidikan Indonesia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Suyahman, S. (2016). Analisis Kebijakan Pendidikan Gratis Di Sekolah Menengah Atas Dalam Kaitannya Dengan Kualitas Pendidikan Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(2).
Talakua, Y. (2018). Peran Stakeholder dalam penanganan Anak Putus Sekolah di Kota Ambon. Jurnal Spirit Publik, Volume 13, Nomor 1
Mujiati., Nasir., Ashari, A. (2018). Faktor-Faktor Penyebab Siswa Putus Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, Volume 18, Nomor 3
Kuntoro, S.A. (2006). Pendidikan Nonformal (PNF) Bagi Pengembangan Sosial. Jurnal Ilmiah VISI PTK-PNF, Volume 1, Nomor 2
Yuliani, L. (2016). Analisis Kebijakan dan Program Pendidikan Masyarakat pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM). Jurnal Cendikiawan Ilmiah PLS, Vol.1, No. 1.
Putra, I. P. (2020). 4,3 Juta Siswa Putus Sekolah di 2019. Kementrian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas). Medcom.id
Ramdhani, A., Ramdhani, M.A. (2017). Konsep Umum Pelaksanaan Kebijakan Publik. Jurnal Publik, Volume 11, Nomor 01
Peraturan Pemerintah No 47 Tahun 2008 Tentang Wajib Belajar
Peraturan Daerah Provinsi Jawa Tengah Nomor 4 Tahun 2012 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang Program Indonesia Pintar
Peraturan Daerah Kota Tegal Nomor 4 Tahun 2016 Tentang Pembentukan dan Susunan Daerah Kota Tegal
Peraturan Wali Kota No 27 Tahun 2008 Tentang Pembentukan Organisasi Dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis di Kantor Wilayah Kota Tegal
Peraturan Wali Kota Tegal Nomor 26 Tahun 2016 Tentang Penjabaran Tugas, Fungsi dan Tata Kerja Dinas Daerah Kota Tegal
Peraturan Wali Kota Tegal Nomor 46 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan program Wajib Pendidikan Anak Usia Dini Minimal 1 (Satu) Tahun Pra Sekolah Dasar
Peraturan Wali Kota Tegal Nomor 24 Tahun 2021 Tentang Program Ayo Sekolah Lagi Melalui Pendidikan Formal dan Nonformal di Kota Tegal
Keputusan Wali Kota Tegal Nomor 421/114/2021 Tentang Sanggar Belajar “Si Abang Belajar” Kota Tegal
Keputusan Wali Kota Tegal Nomor 421/115/2021 Tentang Sanggar Kegiatan Belajar Kota Tegal Sebagai Penyelenggara Inklusi Bagi Peserta Didik Yang Berkebutuhan Khusus
Keputusan Wali Kota Tegal Nomor 420/125 Tentang Pembentukan Tim Kelompok Kerja Bunda Pendidikan Anak Usia Dini Kota Tegal
Keputusan Sekretaris Daerah Kota Tegal Nomor 188.4/008 Tentang Pembentukan Tim Efektif Proyek Perubahan Strategi Peningkatan Pelayanan Pendidikan Melalui ASELA DIJAKETI di Kota Tegal
Keputusan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal Nomor 421.1/069.1 Tentang Pembentukan Tim Teknis, Tim Sosialisasi dan Tim Administrasi Kegiatan Peran Bunda PAUD melalui Gerakan Taruni PAUD
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Badan Pusat Statistik Kota Tegal https://tegalkota.bps.go.id
Herlambang, A. A. (2020). Gerakan Ayo Sekolah Lagi, Bantu Anak Putus Sekolah di Tegal. diakses pada 10 Januari 2022 dari https://tegal.ayoindonesia.com/tegal/pr-34460458/Gerakan-Ayo-Sekolah-Lagi-Bantu-Anak-Putus-Sekolah-di-tegal
DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v11i2.18021
Refbacks
- There are currently no refbacks.