Implementasi Kebijakan Sekolah Siaga Kependudukan di SMP N 2 Pakem Pada Masa Pandemi Covid-19

Afanin Nisrina Fathin,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tahapan implementasi kebijakan Sekolah Siaga Kependudukan di SMP N 2 Pakem pada masa pandemi covid-19 beserta faktor yang mempengaruhi kebijakan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, koordinator tim SSK, guru, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data menggunakan metode interaktif Miles dan Huberman. Uji keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan Sekolah Siaga Kependudukan di SMP N 2 Pakem dilaksanakan melalui tiga tahapan yaitu tahap interpretasi, pengorganisasian, dan aplikasi. Implementasi kebijakan sekolah siaga kependudukan didukung melalui pengintegrasian pendidikan kependudukan kedalam mata pelajaran, inovasi program sekolah yaitu GELIAT SIGAP, pramuka kependudukan, PIK-R, dan parenting. Implementasi kebijakan Sekolah Siaga Kependudukan di SMP N 2 Pakem pada masa pandemi covid-19 dipengaruhi oleh empat faktor menurut teori George Edward III yaitu komunikasi, sumber daya, disposisi atau sikap. dan struktur birokrasi.

Full Text:

PDF

References


Asrie, M. (2020). Bonus Demografi, Peluang atau Tantangan Mewujudkan Indonesia Emas 2045. Diakses pada 26 Oktober 2021 dari BKKBN: https://www.bkkbn.go.id/detailpost/bonus- demografi-peluang-atau-tantangan-menuju-indonesia-emas-2045

BKKBN. (2019). Melalui Sekolah Siaga Kependudukan BKKBN Ajak Generasi Muda Sadar Kependudukan. Diakses pada 26 Oktober 2021 dari https://www.bkkbn.go.id/detailpost/melalui-sekolah-siaga-kependudukan-bkkbn-ajak-generasi-muda-sadar-kependudukan

Setiawan, P. N. (2020). Covid-19 vs Angka Kelahiran. Diakses pada 28 September 2021 dari viva.co.id: https://www.viva.co.id/vstory/opini-vstory/1333153-covid-19-vs-angka- kelahiran?page=3&utm_medium=page-3

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Syaodih, Nana. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Yulia, R. (2018). Skripsi Hubungan Kegiatan Ekstrakulikuler KKD dengan Pengembangan Sikap Spiritual Siswa di MAN 1 Medan. Diakses dari repository.uinsu.ac.id: http://repository.uinsu.ac.id/4833/5/BAB%20II.pdf

Putra, R. H., & Khaidir, A. (2019). Concept of George C. Edrawrds III on Implementation of Regional Regulations No. 12 of 2017 Concerning Youth in Granting Youth Service in West Sumatera. International Journal of Progressive Sciences and Technologies (IJPSAT), 236.




DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v11i1.17790

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik CounterĀ Web Analytics