IMPLEMENTASI PROGRAM EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT DI SMA TUMBUH
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis dan mendeskripsikan implementasi program Education for Sustainable Development (ESD serta faktor pendukung dan penghambatnya di SMA Tumbuh. Jenis penelitian ini studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Partisipan penelitian adalah kepala sekolah, koordinator kurikulum, guru permakultur, seni rupa, pendidikan pangan, Person in Charge (PIC) program magang dan mangrove planting, peserta didik SMA Tumbuh. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data dengan kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dengan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian: ESD di SMA Tumbuh terintegrasi dalam mata pelajaran dan kegiatan. Implementasi program: komunikasi melalui sosialisasi terintegrasi dalam kegiatan pembelajaran, sumber daya manusia telah kompeten, perlu sumber daya manusia yang sesuai bidang keilmuan untuk permakultur, sumber daya anggaran dan fasilitas tersedia dan memadai, untuk permakultur masih perlu dipenuhi, disposisi program mendapatkan respon positif seluruh warga sekolah, struktur birokrasi melekat pada struktur organisasi sekolah. Faktor pendukung: dukungan berbagai pihak, koordinasi dan kolaborasi yang baik, sumber daya anggaran dan fasilitas, sekolah lebih menghargai peserta didik. Faktor penghambat: kondisi pandemi, sumber daya manusia untuk ESD lingkungan hidup belum sesuai bidang keilmuan, fasilitas mapel permakultur belum lengkap, hambatan cuaca, supervisor program magang belum secara penuh mengawasi siswa.
Full Text:
PDFReferences
Aisy, M. R., Gunansyah, G. (2020). Praktik Education Sustainable Development: Studi Komparasi di Sekolah Dasar Kota Surabaya. JPGSD. Vol. 08, No.02, Universitas Negeri Surabaya.
Alisjahbana, A. S., Murniningtyas, E. (2018). Tujuan Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia: Konsep Target dan Strategi Implementasi. Bandung: UNPAD Press.
Arikunto, S. & Jabar, C.S.A. (2007). Evaluasi Program Pendidikan Pedoman Teoritis Praktis Bagi Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Bappenas. (2020). Pedoman Teknis Edisi II Penyusunan Rencana Aksi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/Sustainable Development Goals (SDGs). Jakarta: Kementerian PPN/Bappenas.
Depdikbud. (2003). Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang, Sistem Pendidikan Nasional
Djojonegoro, dkk, (2020). Rekam Jejak 70 Tahun Indonesia UNSECO 1950-2020. Paris: UNESCO.
Imronah. (2009). Implementasi Kebijakan: Perspektif, Model, dan Kriteria Pengukurannya.
Indahri, Y. (2020). Pengembangan Pendidikan Lingkungan Hidup Melalui Program Adiwiyata (Studi di Kota Surabaya). Jurnal Masalah-Masalah Sosial Vol. 11, No. 2. Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI.
Kaufman, R. A. (1972). Educational System Planning. New Jersey: Prentice-Hall, Inc Englewood Cliffs
Kemendiknas (2009). Permendiknas No 63 tahun 2009 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan (SPMP).
Kemendikbud. (2021). Lokakarya Nasional Inisiatif Indonesia Menuju Pendidikan Berkelanjutan (ESD) tahun 2030. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/04/lokakarya-nasional-inisiatif-indonesia-menuju-pendidikan-berkelanjutan-esd-tahun-2030, diakses 8 Juli 2021.
Kemendikbud (2010). Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2010-2014
Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO [KNIU]. (2014). Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia. Implementasi dan Kisah Sukses. Jakarta: Kemendikbud.
Kusmarni, Y. (2012). Studi Kasus (John W. Creswell). UGM Jurnal Edu UGM Press.
Laurie, R., et al. (2016). Contributions of Education for Sustainable Development (ESD) to Quality Education: A Synthesis of Research. Journal of Education for Sustainable
Development, Vol. 10, Issue 2, 2016. Diakses dari: https://journals.sagepub.com/doi/full/10.1177/0973408216661442
Listiawati, N. (2013). Pelaksanaan Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan oleh Beberapa Lembaga. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 19, Nomor 3, September 2013. Pusat Penelitian Kebijakan, Balitbang Kemdikbud.
Miles, M.B, Huberman, A.M, Saldana, J. (2020). Qualitative Data Analysis, A. Methods Sourcebook, Fourth Edition. USA: Sage Publications.
Miranto, S. (2017). Integrasi Konsep-Konsep Pendidikan Lingkungan Hidup dalam Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Edusains Vol. 9, No. 01. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Noir. (2020). Thrift Shop yang Mulai Membudaya pada Kawula Muda Jakarta. https://noir.web.id/thrift-shop/, diakses 29 Juni 2021.
Nota Kesepahaman antara Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Riset, Teknologo, dan Pendidikan Tinggi, Menteri Agama, dan Menteri dalam Negeri Nomor PKS.2/7/2016, 99/VII/NK/2016, 11a/M/NK/2016, 9 TH 2016, 660/26881/SJ. (2016). Tentang Pengembangan Pendidikan Lingkungan Hidup.
Nugroho, R. (2017). Public Policy Edisi 6. Jakarta: PT Elex Media Komputindo
Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Peraturan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 77 Tahun 2012 Tentang Rencana Strategis Pembangunan Pendidikan Daerah (2014-2018)
Puslitjak Kemdiknas. (2010). Model Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan (Education for Sustainable Development/ESD) melalui Kegiatan Intrakurikuler. Pusat Penelitian Kebijakan Badan Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Nasional. Kompleks Kemdiknas: Jakarta.
Rachmawati, I. N. (2007) Pengumpulan Data dalam Penelitian Kualitatif: Wawancara. Jurnal Keperawatan Indonesia, Volume 11, No.1, Maret 2007.
Republik Indonesia. (2017). Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 59 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan
Republik Indonesia. (2014). Peraturan Menteri No 59 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah
Republik Indonesia. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 79 Tahun 2014 Tentang Muatan Lokal Kurikulum 2013
Republik Indonesia. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum
Republik Indonesia. (2009). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.
Rohman, A. (2012). Kebijakan Pendidikan: Analisis Dinamika Formulasi Kebijakan dan Implementasi. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Saefudin, U. (2016). Kebijakan Pendididikan Bapenas. Diakses dari: http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR_ADMINISTRASI_PENDIDIKAN.
Siswoyo, D., dkk. (2013). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Soedomo, H. (2008). Pendidikan: Suatu Pengantar. Surakarta: Lembaga
Pengembangan Pendidikan (LPP) UNS dan UPT Penerbitan dan Percetakan UNS (UNS Press)
Soedomo, M. (1990). Akltualisasi Pengembangan Ilmu Pendidikan dalam Pembangunan Nasional: Pidato Pengukuhan Guru Besar, IKIP Malang
Subarsono, A. G. (2015). Analisis Kebijakan Publik: Konsep, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suharno. (2013). Dasar-dasar Kebijakan Publik: Kajian Proses dan Analisis Kebijakan. Yogyakarta: Penerbit Ombak
Suprastowo, P. (2010). Kebijakan dan Implementasi Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan (Education for Sustainable Development). Pusat Penelitian Kebijakan, diakses dari: http://repositori.kemdikbud.go.id/300/
Sutanto, H.P. (2017). Education for Sustainable Development in West Nusa Tenggara. Jurnal Cakrawala Pendidikan, Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendagri.
Syakur, ABD. (2017). Education for Sustainable Development (ESD) sebagai Respon dari Isu Tantangan Global Melalui Pendidikan Berkarakter dan Berwawasan Lingkungan yang Diterapkan pada Sekolah Dasar, Sekolah Menengah dan Kejuruan di Kota Malang. Vol 1, No 1, Mei. Akademi Farmasi Surabaya.
Tilaar, H.A.R & Nugroho, R. (2008). Kebijakan Pendidikan. Cetakan II, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Tilaar, H.A.R & Nugroho, R. (2009). Kebijakan Pendidikan: Pengantar untuk Memahami Kebijakan Pendidikan dan Kebijakan Pendidikan sebagai Bahan Kajian Publik. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Tristananda, P. W. (2018). Membumikan ESD di Indonesia dalam menghadapi isu-isu Global. Jurnal Purwadita Vol 2 No 2. Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja.
UNESCO. (2017). A Decade of Progress on Education for Sustainable Development: Reflections from the UNESCO Chairs Programme. Paris: UNESCO. diakses dari: https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000252319
UNESCO. (2020). Education for Sustainable Development: A Roadmap. Paris: UNESCO. diakses dari: https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000374802
UNESCO. (2017). Education for Sustainable Development Goals: Learning Objectives. Paris: UNESCO. diakses dari: https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000247444
UNESCO. (2017). Education for Sustainable Development: Partners in Action; Halfway Through the Global Action Programme on Education for Sustainable Development. Paris: UNESCO. diakses dari: https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000259719
UNESCO. (2012) Exploring Sustainable Development: A Multiple-Perspective Approach. Paris: UNESCO.
UNESCO. (2019). Framework for the Implementation of Education for Sustainable Development (ESD) Beyond 2019. UNESCO General Conference 40th, 3 September 2019. Paris: UNESCO. diakses dari: https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000370215.locale=en
UNESCO. (2016). UNESCO Global Action Programme on Education for Sustainable Development: Information
Folder. Paris: UNESCO. diakses dari: https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000246270
UNESCO. (2005). UNESCO International Implementation Scheme. Paris: UNESCO.
UNESCO. (2014). Roadmap for Implementing the Global Action Programme on Education for Sustainable Development. Paris: UNESCO.
Wahab, S. A. (2008) Analisis Kebijakan dari Formulasi ke Implementasi Kebijakan Negara. Jakarta: Bumi Askara.
Winarno, B. (2012). Kebijakan Publik: Teori, Proses, dan Studi Kasus. Yogyakarta: CAPS
Winarno, B. (2013). Kebijakan Publik: Teori, Proses, dan Studi Kasus Edisi Revisi Terbaru. Yogyakarta: CAPS
Yamin, M. (2009). Menggugat Pendidikan Indonesia: Belajar dari Paulo Freire dan Ki Hajar Dewantara. Sleman: Ar-Ruzz Media.
DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v10i3.17465
Refbacks
- There are currently no refbacks.