Implementasi Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter Religius di Masa Pandemi SMP Negeri 3 Kasihan

Rusitasari sari, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kebijakan penguatan pendidikan karakter religius di masa pandemi menggunakan model Grindle, faktor pendukung, dan faktor penghambatnya di SMP Negeri 3 Kasihan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu kondenasasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Uji keabsahan data triangulasi Teknik dan sumber. Hasil penelitian menjelaskan implementasi kebijakan penguatan pendidikan karakter religius menggunakan model Grindle. Implementasi kebijakan PPK di masa pandemi dilaksanakan dengan pembelajaran jarak jauh atau belajar secara daring. Sekolah mengembangkan kegiatan-kegiatan sederhana yang berorientasi pada muatan karakter religius untuk dilaksanakan siswa di rumah. Upaya dalam memberikan penguatan pendidikan karakter religius ini, sekolah berpedoman pada  Permendikbud Nomor 20 tahun 2018 dan Perpres Nomor 87 tahun 2017 yang membahas tentang penguatan pendidikan karakter dan visi, misi, serta tujuan yang dimiliki SMP Negeri 3 Kasihan.


Full Text:

PDF

References


Akrim, U. & Suryanto, T. (2019). Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter oleh Tim Pelaksana PPK di SMP UNESA 1 Surabaya. Strengthening education implementation. Vol. 07. 1285.

Anggraeni, R.A. and S. (2018). Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di SDN Mangkang Wetan 02 Kota Semarang. Ejournal.Undip.Ac.Id, 3(1), 31–44. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/gp/article/view/21290.

Benny Heldrianto, 2013: dalam jurnal “Penyebab rendahnya tingkat pendidikan anak putus sekolah dalam program wajib belajar 9 tahun desa sungai kakap kecamatan sungai kakap kabupaten kubu raya” http://jurmafis.untan.ac.id diakses pada 16 Maret 2020 pukul 16.15

Daryanto & Suyatri. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media

Depdikbud. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional

Pamungkas Mlati Sleman. Skripsi. Dipublikasikan: Universitas Negeri Yogyakarta.

Gunawan, Heri. (2012). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Hasan, S. H., et al. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Pusat Kurikulum, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan Nasional.

Hasbullah, H. M. (2015). Kebijakan Pendidikan Dalam Perspektif Teori, Aplikasi, dan Kondisi Obyektif Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Imron, A. 2021. Kebijaksanaan Pendidikan di Indonesia: Proses, Produk & Masa Depannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Kemendiknas. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kemendiknas.

Kemendiknas. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kemendiknas.

Kebijakan Kemendikbud di Masa Pandemi. Sekretariat GTK. https://gtk.kemdikbud.go.id/read-news/kebijakan-kemendikbud-di-masa-pandemi. 03 Septermber 2020. Diakses pada 11 Mei 2021.

Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter. https://cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id/?page_id=132#:~:text=Penguatan%20 Pendidikan%20Karakter%20(PPK)&text=Kebijakan%20PPK%20ini%20terintegr asi%20dalam,mandiri%2C%20gotong%20royong%2C%20integritas. Diakses pada 29 Desember 2020

Kemendikbud. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter jadi Pintu Masuk Pembenahan Pendidikan Nasional. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2017/07/penguatan-pendidikan-karakter-jadi-pintu-masuk-pembenahan-pendidikan-nasional. Diakses pada 28 Desember 2020

Koagouw, M.O., 2019. KPAI: Sepanjang 2019, 152 Aduan Kasus Kekerasan di Sekolah. diakses pada 08 Maret 2021. https://rri.co.id/nasional/peristiwa/765103/kpai-sepanjang- 2019-153-aduan-kasus-kekerasan-di-sekolah.

Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Tingkat SD dan SMP, dalam https://cerdasberkarakter.go.id, diunduh tanggal 29 Desember 2020

Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar dan Menengah Pertama, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2016.

Lestari, S.P., Tukidi., & Fredy H. Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Nasionalisme dan Religius dalam Pembelajaran IPS di SMP Nasima Semarang. Journal of Character Education, 1(1), 105-114.

Materi Perpres No 87 Tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter. Oleh Humas, 6 September 2017. https://setkab.go.id/inilah-materi-perpres-no-87- tahun-2017-tentang-penguatan-pendidikan-karakter/ Diakses pada 09 Maret 2021.

Muhadjir, N. & Nurgiyantoro, B. (2011). Pendidikan Karakter: dalam Perspektif Teori dan Praktik. Yogyakarta: UNY Press.

Mustari. M. (2011). Nilai Karakter: refleksi pendidikan. Yogyakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Novika Malinda Safitri. 2015. Tahun V. implementasi pendidikan karakter melalui kultur sekolah di SMPN 14 Yogyakarta: Pascasarjana UNY. Vol.2 Diakses pada 03 Februari 2021

Parulian M, A. (2013). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Implementasi Kebijakan Penyebaran Informasi Publik melalui Media Penyebaran. 5-10P. Jakarta: Universitas Esa Unggul.

Kekerasan bidang pendidikan terjadi di jenjang SD. Rega Maradewa. 2019. Diakses pada 23 Agustus 2021. https://www.kpai.go.id/publikasi/kpai-67-persen-kekerasan-bidang-pendidikan-terjadi-di-jenjang-sd

Parta Ibeng, 2021. Dalam artikel “Pendidikan: Pengertian, Tujuan, dan Fungsi Menurut Para Ahli”. https://pendidikan.co.id/pengertian-pendidikan/ Diakses pada 16 Maret 2020 pukul 16:20

Pemerintah Republik Indonesia. 2010. Kebijakan Nasional Pembangunan Karakter Bangsa Tahun 2010-2025, Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang Kemdiknas.

Penguatan Pendidikan Karakter. https://cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id/?page_id=733. Diakses pada Oktober 2020, pukul 08.00

Siswati., C. Utomo. & Mutholib, A. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Membentuk Sikap dan Perilaku Sosial Peserta Didik Melalui Pembelajaran Sejarah SMA PGRI I Pati Tahun Ajaran 2017/2018, 6(1),1-13.

Subarsono,. A.G (2016). Analisis Kebijakan Publik: Konsep, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sugihartono, dkk. (2013). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Surat Edaran Pencegahan Covid-19 pada Satuan Pendidikan. 10 Maret 2020. https://www.kemdikbud.go.id/main/index.php/blog/2020/03/surat-edaran- pencegahan-covid19-pada-satuan-pendidikan. Diakses pada 22 April 2021.

Syafrudin, S. (2017). Pendidikan Karakter Melalui Aktivitas Zikir. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 2(2). https://doi.org/10.30998/sap.v2i2.2090. Diakses pada 03 Februari 2021

Syamsudin. (2021). Pendidikan Karakter Pada Generasi Muda Di Masa Pandemi Covid-19. 63–75. STAI NU. Pacitan.

Widodo, Joko. 2001. Good Governance Telaah Dari Dimensi Akuntabilitas, Kontrol Birokrasi Pada Era Desentralisasi Dan Otonomi Daerah. Surabaya: Insan Cendekia, hal. 194.

Update Data Infografis KPAI-Per 31-08-2020. Reza Maradewa. https://www.kpai.go.id/publikasi/infografis/update-data-infografis-kpai-per-31-08-2020 diakses pada 27 Agustus 2021




DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v10i3.17460

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Counter Web Analytics