TREN ANGKA PARTISIPASI PENDIDIKAN MENENGAH DAN PERENCANAAN KEBIJAKAN PARTISIPASI PENDIDIKAN DI PROVINSI JAWA TENGAH
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: 1) mengetahui prediksi ketercapaian APK/APM Pendidikan Menengah di Provinsi Jawa Tengah, 2) mengetahui prediksi ketercapaian APK/APM Pendidikan Menengah kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah, 3) mengidentifikasi kebijakan dan program yang diberlakukan oleh Pemerintah Jawa Tengah dalam meningkatkan angka partisipasi pendidikan menengah, dan 4) menganalisa kebijakan berdasarkan hasil prediksi APK/APM untuk meningkatkan angka partisipasi pendidikan menengah. Penelitian ini merupakan penelitian campuran. Analisis data kuantitatif menggunakan tren model kuadrat terkecil dan data kualititatif menggunakan model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) APK Pendidikan Menengah di Jawa Tengah diprediksi dapat mencapai target PMU 97% pada tahun 2025 dan diprediksi mencapai 97,957%, sedangkan APM hingga tahun 2030 belum bisa mencapai 100% dan diprediksi mencapai 84,624%. 2) Berdasarkan hasil perhitungan Analisis Tren APK/APM Pendidikan Menengah Kabupaten Temanggung, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Blora, dan Kabupaten Jepara menunjukkan peningkatan, sedangkan Kota Surakarta dan Kota Semarang mengalami penurunan. 3) Pemerintah Jateng membagi kebijakan dalam aspek operasional kelembagaan, personal siswa, peningkatan akses, dan mutu dalam meningkatkan partisipasi Pendidikan Menengah. 4) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah menindaklanjuti hasil tren dengan cara mempertahankan dan meningkatkan partisipasi pendidikan menengah.
Kata kunci: tren, angka partisipasi, pendidikan menengah, rencana kebijakan.
Full Text:
PDFReferences
BPS. (2020). APK APM. Diakses tanggal 7 Maret 2020 pada https://www.bps.go.id/subject/28/pendidikan.html
BPS Jawa Tengah. (2020). Provinsi Jawa Tengah Dalam Angka 2020. Semarang: Badan Pusat Statistuk Provinsi Jawa Tengah. https://jateng.bps.go.id/publication/2020/04/27/b96a0d5f63de624aa600934d/provinsi-jawa-tengah-dalam-angka-2020.html
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah. (2019). Renstra Disdikbud Jateng 2018-2023. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Hitasari, K., Safitri, D., & Suparti. (2015). “Pengelompokan Kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah Berdasarkan Angka Partisipasi Pendidikan Jenjang SMA/MA/Paket C Dengan Fuzzy Subtractive Clustering”. Jurnal Gaussian, 4(4), 967–975. Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/gaussian/article/view/10232/9934
Humas Jateng. (2020). SPP Gratis Mulai Januari, Terlanjur Bayar Akan Dikembalikan. Diakses pada 7 Maret 2021 dari https://jatengprov.go.id/publik/spp-gratis-mulai-januari-terlanjur-bayar-akan-dikembalikan/.
Kemdikbud. (2020). APK APM Sekolah. Diakses tanggal 7 Maret 2020 pada http://apkapm.data.kemdikbud.go.id/
Kemdikbud. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 80 Tahun 2013 tentang Pendidikan Menengah Universal.
Soejoto, A., Rachmawati, L., & Dewi, R. M. (2014). Pengaruh Permintaan terhadap Outcome Sekolah Menengah Atas di Kota Surabaya. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 2(1), 17–28. https://www.researchgate.net/publication/315643181_PENGARUH_PERMINTAAN_TERHADAP_OUTCOME_SEKOLAH_MENENGAH_ATAS_DI_KOTA_SURABAYA
Subarsono. (2012). Analisis Kebijakan Publik Konsep, Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Taufiqurokhman. (2008). Konsep dan Kajian Ilmu Perencanaan. Jakarta : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Univerisitas Prof. Dr. Moestopo Beragama. https://moestopo.ac.id/wp-content/uploads/2016/08/KONSEP-DAN-KAJIAN-ILMU-PERENCENAAN-Oleh-Dr.-Taufiqurokhman.-M.Si_.pdf
William N. Dunn. (2003). PENGANTAR ANALISIS KEBIJAKAN PUBLIK. Yogyakarta: PT Gadjah Mada University Press.
DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v10i3.17457
Refbacks
- There are currently no refbacks.