IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI TEMBANG DOLANAN DI TK TAMAN INDRIA IBU PAWIYATAN TAMANSISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kebijakan pendidikan karakter melalui tembang dolanan di TK Taman Indria Ibu Pawiyatan Yogyakarta. Penelitian ini mengacu pada konsep implementasi dari Edward III yang menekankan pada empat aspek pokok implementasi, yaitu komunikasi, sumber daya, disposisi, dan struktur birokrasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan di TK Taman Indria Ibu Pawiyatan Tamansiswa. Subjek dari penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas, serta staf TU. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman yakni, pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik untuk memastikan kebenaran data. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: Implementasi kebijakan di TK Taman Indria Ibu Pawiyatan Tamansiswa didukung oleh: a) Komunikasi yang dilakukan melalui sosialisasi pada saat rapat bersama guru dan mengadakan workshop bernama parenting dengan orang tua, (b) Sumber daya didukung ketersediaan SDM, sarana prasarana, serta dukungan dana yang berasal dari Yayasan, (c) Komitmen sekolah terlihat dari karakteristik sekolah dan kecakapan pelaksana, (d) Struktur birokrasi melekat dalam tugas dan fungsi guru.
Kata kunci: Implementasi Kebijakan, Pendidikan Karakter, TK Taman Indria Ibu Pawiyatan
Abstract
This study aims to describe the implementation of character education policy through dolanan song at Taman Indria Kindergarden Ibu Pawiyatan Tamansiswa Yogyakarta. This research refers to implementation theory of Edward IIIwhich emphasizes four main aspects of implmentation, there are communication, resources, disposition, and bureucratic structure. This study uses a qualitative descriptive approach. The study was conducted at Taman Indria Kindergarten Ibu Pawiyatan Tamansiswa. The subjects of this study were the principal, class teachers, and TU staf. Data collection techniques used were observation, interviews, and documentation studies. Data analysis techniques using interactive model of Miles and Huberman namely, data collection, data condensation, data presentation, drawing conclusions. The validity of the researchers' data uses source triangulation methods and techniques to ensure the correctness of the data. The results of the study are as follows: Implementation of the policy in Taman Indria Kindergarten Ibu Pawiyatan Tamansiswa supported by: (a) Communication is carried out by socializing at meetings with teachers and holding workshops called parenting to parents,
(b) Resources are supported by the availability of human resources, infrastructure, and financial support from the Foundation, (c) School commitment can be seen from one of the characteristics of the school and the ability of the executive, (d) Bureaucratic structure is inherent in the duties and functions of the teacher.
Keyword: Policy implementation, character education, TK Taman Indria Ibu Pawiyatan Tamansiswa
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v9i1.17040
Refbacks
- There are currently no refbacks.