PENANAMAN NILAI DALAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN PROGRAM FULL DAY SCHOOL DI SD MUHAMMADIYAH DEMANGAN

Elinda Diah Kusuma Astuti, , Indonesia

Abstract


Abstrak

     Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanaman nilai dalam penguatan pendidikan karakter dengan program full day school di SD Muhammadiyah Demangan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah dan guru di SD Muhammadiyah Demangan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles, Huberman, dan Saldana yaitu dengan langkah kondensasi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Uji keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pedoman dalam penanaman nilai dengan kurikulum 2013 dan silabus. (2) Penanaman nilai karakter di SD Muhammadiyah Demangan menggunakan tiga cara yakni dengan memberikan pemahaman/ilmu, melalui kebiasaan, dan melalui teladan yang baik yang dilakukan guru dan kepala sekolah. (3) Nilai yang ditanamkan yaitu nilai religius, nasionalis, mandiri, gotong royong dan integritas. (4) Faktor penghambatnya adalah perbedaan karakter guru, latar belakang siswa dan faktor orangtua, adapun faktor pendukungnya adalah adanya pembiasaan, kurikulum dan visi misi mendukung penanaman nilai. (5) Persepsi guru, murid, dan wali murid dengan menyatakan setuju dengan adanya kebijakan PPK dengan FDS, dikarenakan dapat mengatasi krisis moral, menjadi wadah untuk menanamkan nilai, dan siswa lebih terkontrol tumbuh kembangnya dan juga menjaga anak dari pergaulan kurang baik.

 

Kata Kunci: Penanaman Nilai, PPK, dan FDS

 

Abstract

This study aims to describe the value inculcationin strenghtening character education with a full-day school at SD Muhammadiyah Demangan.This research is a descriptive qualitative. The subjects of this research is principal, teachers, and student at SD Muhammadiyah Demangan. The data obtained from interviews, observation, and documentation. Data analysis techniques use Miles, Huberman, and Saldana model (data condensation steps, data display, and verifying conclusions). The validity measured in this research by using triangulation. The result of the research show that: (1) Guidelines for value added with the 2013 curriculum and syllabus. (2) inculcation character values at SD Muhammadiyah Demangan uses three ways, namely by providing understanding, knowledge, through good examples by teachers and principals. (3) The value invested is religious, nationalist, independent, mutual cooperation and integrity. (4) The inhibiting factors are differences in the character of the teacher, the background of the students and the supporting factors, there are also supporting factors that are habituation, curriculum and vision and mission support the increase in values. (5) The perception of teachers, students, and guardians of students by agreeing with the PPK policy with FDS, is increasingly able to overcome the moral crisis, become a place to instill value, and students are more controlled in their growth and development and also help children from social relations

 

Keywords: Inculcation values, PPK, and Full Day School


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v9i1.17031

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Counter Web Analytics