IMPLEMENTASI PROGRAM PENDIDIKAN PENCEGAHAN PENYALAHGUNAAN NARKOBA BERBASIS SEKOLAH DI SMPN 9 YOGYAKARTA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi program pendidikan pencegahan penyalahgunaan narkoba berbasis sekolah yang dilaksanakan di SMPN 9 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan program dilakukan dengan kegiatan penyuluhan, razia dan lomba yang bertemakan narkoba. Dengan adanya program ini membantu siswa untuk mengetahui dampak dari penyalahgunaan narkoba dan dapat menghindarinya. Sedangkan untuk faktor pendukung dan penghambat dalam program pendidikan pencegahan penyalahgunaan narkoba di SMPN 9 Yogyakarta, faktor pendukung: adalah adanya sinergitas antara stakeholder program sekolah dan fasilitas yang memadai. Faktor penghambat: terletak pada SDM yaitu banyaknya kegiatan siswa dan belum adanya pelatihan untuk guru pendamping serta belum adanya pendanaan.
Kata kunci : Implementasi, Penyalahgunaan Narkoba, Program Sekolah
Abstract
This study aims to describe the implementation of the school-based drug abuse prevention education program held in Junior High School 9 of Yogyakarta.This study used a descriptive qualitative approach. The results of the study showed that the program was carrid out with counseling activities, raids, and drug-themed competitions. The existence of this program helps students to know the effects of drug abuse and can sense it.. As for the supporting and inhibiting factors in the prevention of drug abuse education program in Junior High School 9 of Yogyakarta, supporting factors: is the synergy between the school program stakeholders and adequate facilities. The inhibiting factor: lies in Human Resources, namely the number of student activities and the absence of training for accompanying teachers and the lack of funding.
Keywords: Implementation, Drug Abuse, School Program
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi program pendidikan pencegahan penyalahgunaan narkoba berbasis sekolah yang dilaksanakan di SMPN 9 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan program dilakukan dengan kegiatan penyuluhan, razia dan lomba yang bertemakan narkoba. Dengan adanya program ini membantu siswa untuk mengetahui dampak dari penyalahgunaan narkoba dan dapat menghindarinya. Sedangkan untuk faktor pendukung dan penghambat dalam program pendidikan pencegahan penyalahgunaan narkoba di SMPN 9 Yogyakarta, faktor pendukung: adalah adanya sinergitas antara stakeholder program sekolah dan fasilitas yang memadai. Faktor penghambat: terletak pada SDM yaitu banyaknya kegiatan siswa dan belum adanya pelatihan untuk guru pendamping serta belum adanya pendanaan.
Kata kunci : Implementasi, Penyalahgunaan Narkoba, Program Sekolah
Abstract
This study aims to describe the implementation of the school-based drug abuse prevention education program held in Junior High School 9 of Yogyakarta.This study used a descriptive qualitative approach. The results of the study showed that the program was carrid out with counseling activities, raids, and drug-themed competitions. The existence of this program helps students to know the effects of drug abuse and can sense it.. As for the supporting and inhibiting factors in the prevention of drug abuse education program in Junior High School 9 of Yogyakarta, supporting factors: is the synergy between the school program stakeholders and adequate facilities. The inhibiting factor: lies in Human Resources, namely the number of student activities and the absence of training for accompanying teachers and the lack of funding.
Keywords: Implementation, Drug Abuse, School Program
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v8i2.15850
Refbacks
- There are currently no refbacks.