IMPLEMENTASI KEBIJAKAN GERAKAN LITERASI DI SEKOLAH DASAR NEGERI SUROKARSAN 2 YOGYAKARTA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan program literasi, implementasi kebijakan literasi, serta faktor pendukung dan penghambat implementasi di SD Negeri Surokarsan 2 Yogyakarta. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif. Teknik analisis data yakni pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan uji kredebilitas yakni triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitiannya: (1) SD Negeri Surokarsan 2 Yogyakarta melaksanakan kebijakan literasi dengan program rutin dan program insidental. (2) Implementasinya: a) Komunikasi dilakukan dengan workshop literasi dan sosialisasi kepada orang tua siswa, b) Sumber daya didukung ketersediaan SDM dan dana pemerintah, orang tua siswa, serta relasi, c) Pelaksana kebijakan berkomitmen, d) Struktur birokrasi termuat dalam SK Tim Literasi. (3) Faktor pendukungnya dari kepala sekolah dan para implementator kebijakan, penguyuban kelas, orang tua, alumni, serta adanya SK Tim Literasi, sedangkan faktor penghambatnya, beberapa orang tua siswa kurang peduli dengan literasi, minimnya bantuan pemerintah, guru memiliki kegiatan selain melaksanakan literasi.
Kata kunci: Implementasi Kebijakan, Gerakan Literasi Sekolah, SD Negeri Surokarsan 2 Yogyakarta
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v8i2.15849
Refbacks
- There are currently no refbacks.