IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN KARAKTER DI PONDOK PESANTREN AL-KAHFI SOMALANGU KEBUMEN

Dwi Candra Purnama, , Indonesia

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang kebijakan pendidikan karakter di Pondok Pesantren Al-Kahfi Somalangu Kebumen, yang isinya tentang bagaimana pelaksanaan kebijakan pendidikan karakter, faktor penghambat dan faktor pendorong serta bagaimana strategi mengatasi hambatan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Al-Kahfi Somalangu Kebumen, pada bulan Juli sampai dengan September. Subjek penelitian adalah kepala pondok, ustadz/guru dan santri. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan model analisis interaktif yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data diuji dengan trianggulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukan sebagai berikut. 1) Implementasi kebijakan pendidikan karakter di Pondok Pesantren Al-kahfi Somalangu telah berjalan, karakter utama yang ditanamkan kepada para santri adalah religius adapun karakter lain yang ditanamkan diantaranya kemandirian, tanggung jawab, kepemimpinan, percaya diri. 2) Kendala yang muncul dalam implementasi pendidikan karakter ialah terbatasnya pengawasan kepada para santri. 3) cara mengatasi hambatan dalam implementasi pendidikan karakter adalah dengan rapat kordinasi karena program sudah terlaksana, maka koordinasinya melalui evaluasi setiap minggu untuk melihat kelemahan ataupun hambatan yang dialami seminggu terakhir agar dapat diperbaiki pada minggu selanjutnya.
Kata kunci: Implementasi Kebijakan, Kebijakan Pendidikan, Pendidikan Karakter
ABSTRACT
This study aimed to describe the policy of character education in Al-kahfi boarding school Somalangu Kebumen, containing about how the implementation of character education policy, inhibiting factors and driving forces as well as the strategies to overcome obstacles. This study is a descriptive study using a qualitative approach. The research was conducted at Pondok Pesantren Al-Kahf Somalangu Kebumen, in July to September. The research subject is the head of the cottage, chaplain / teachers and students. Data was collected by observation, interview, and documentation. Data were analyzed using a model of the interactive analysis of data collection, data reduction, data presentation, and conclusion. While the validity of the data was tested by triangulation techniques and resources. The results showed as follows. 1) Implementation of character education policy in Pondok Pesantren Al-kahfi Somalangu has been running, the main character imparted to the students is religious as for the other characters who implanted them independence, responsibility, leadership, confidence. 2) Obstacles that arise in the implementation of character education is the lack of supervision to the students. 3) how to overcome obstacles in the implementation of character education is the coordination meeting karena program has been implemented, then the coordination through an evaluation every week to see the flaws or obstacles experienced last week in order to be fixed in the next week.
Keywords: Implementation, Education Policy, Character Education

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v8i1.15845

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik CounterĀ Web Analytics