IMPLEMENTASI PROGRAM KELAS KHUSUS OLAHRAGA (KKO) DI SMA N 1 SEYEGAN
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Program Kelas Khusus Olahraga (KKO) di SMA Negeri 1 Seyegan serta mengidentifikasi faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implementasi program Kelas Khusus Olahraga (KKO) di SMA Negeri 1 Seyegan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, pelatih dan siswa Kelas Khusus Olahraga (KKO). Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Seyegan. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan adalah trianggulasi sumber dan trianggulasi metode.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) implementasi program Kelas Khusus Olahraga (KKO) di SMA Negeri 1 Seyegan didasarkan pada kurikulum 2013 melalui pembelajaran cabang olahraga pada jam ke nol, satu, dan dua. Cabang olahraga terdiri dari sepak bola, taekwondo, karate, atletik, bola voli, bulu tangkis, sepak takraw dan futsal; (2) faktor pendukung implementasi Program Kelas Khusus Olahraga (KKO) di SMA Negeri 1 Seyegan adalah adanya kebijakan Dinas pendidikan Kabupaten Sleman tentang pelaksanaan program Kelas Khusus Olahraga (KKO), guru dan pelatih terpenuhi, dukungan motivasi dari sekolah dan orangtua siswa. Faktor penghambat implementasi Program Kelas Khusus Olahraga di SMA Negeri 1 Seyegan adalah pembelajaran di kelas tidak kondusif dan sarana prasarana tidak lengkap pada beberapa cabang olahraga.
Kata Kunci: implementasi, program kelas khusus olahraga
Abstract
This research aimed to described the implementation of special sports classes program in SMA Negeri 1 Seyegan, identify by factors in support and barrier factors on the implementation of special sports classes program in SMA Negeri 1 Seyegan. The research was a descriptive qualitative research. The subjects of this research were headmaster, teachers, coach and students. Research carried out in public senior high schools Seyegan. The method of collecting data used observation, interview, and documentation. The analysis techniques data used is collection data, reduction data, presentation of data and inference. The validity test of the data used source triangulation and method trianggulation
The result of this research showed that: implementation of special sports classes program in SMA Negeri 1 Seyegan based on the 2013 curriculum Through learning the branch to sport in hours to zero , one , and two. A sport consisting of Football, tae kwon do, karate, athletic, volley ball, badminton, takraw and indoor soccer. Factors in support of implementation of special sports classes program in SMA Negeri 1 Seyegan is the existence of education office policy Sleman district for example about the program implementation a special class of the sport, teachers and coach are being fulfilled, Motivation of the creation was support from the schools and the parents of students. The barrier of implementation of special sports classes program in SMA Negeri 1 Seyegan classroom learning is not condusive, and incomplete infrastructure in some of the sport cabags.
Keywords: implementasi, program kelas khusus olahraga
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Program Kelas Khusus Olahraga (KKO) di SMA Negeri 1 Seyegan serta mengidentifikasi faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implementasi program Kelas Khusus Olahraga (KKO) di SMA Negeri 1 Seyegan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, pelatih dan siswa Kelas Khusus Olahraga (KKO). Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Seyegan. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan adalah trianggulasi sumber dan trianggulasi metode.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) implementasi program Kelas Khusus Olahraga (KKO) di SMA Negeri 1 Seyegan didasarkan pada kurikulum 2013 melalui pembelajaran cabang olahraga pada jam ke nol, satu, dan dua. Cabang olahraga terdiri dari sepak bola, taekwondo, karate, atletik, bola voli, bulu tangkis, sepak takraw dan futsal; (2) faktor pendukung implementasi Program Kelas Khusus Olahraga (KKO) di SMA Negeri 1 Seyegan adalah adanya kebijakan Dinas pendidikan Kabupaten Sleman tentang pelaksanaan program Kelas Khusus Olahraga (KKO), guru dan pelatih terpenuhi, dukungan motivasi dari sekolah dan orangtua siswa. Faktor penghambat implementasi Program Kelas Khusus Olahraga di SMA Negeri 1 Seyegan adalah pembelajaran di kelas tidak kondusif dan sarana prasarana tidak lengkap pada beberapa cabang olahraga.
Kata Kunci: implementasi, program kelas khusus olahraga
Abstract
This research aimed to described the implementation of special sports classes program in SMA Negeri 1 Seyegan, identify by factors in support and barrier factors on the implementation of special sports classes program in SMA Negeri 1 Seyegan. The research was a descriptive qualitative research. The subjects of this research were headmaster, teachers, coach and students. Research carried out in public senior high schools Seyegan. The method of collecting data used observation, interview, and documentation. The analysis techniques data used is collection data, reduction data, presentation of data and inference. The validity test of the data used source triangulation and method trianggulation
The result of this research showed that: implementation of special sports classes program in SMA Negeri 1 Seyegan based on the 2013 curriculum Through learning the branch to sport in hours to zero , one , and two. A sport consisting of Football, tae kwon do, karate, athletic, volley ball, badminton, takraw and indoor soccer. Factors in support of implementation of special sports classes program in SMA Negeri 1 Seyegan is the existence of education office policy Sleman district for example about the program implementation a special class of the sport, teachers and coach are being fulfilled, Motivation of the creation was support from the schools and the parents of students. The barrier of implementation of special sports classes program in SMA Negeri 1 Seyegan classroom learning is not condusive, and incomplete infrastructure in some of the sport cabags.
Keywords: implementasi, program kelas khusus olahraga
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v8i1.15841
Refbacks
- There are currently no refbacks.