MENTORING PROGRAM IMPLEMENTATION IN FORMING CHARACTER OF STUDENT’S AT SMA N 5 YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan pelaksanaan program mentoring di SMA N 5 Yogyakarta; 2) mengetahui hasil program mentoring dalam membentuk karakter siswa SMA N 5 Yogyakarta melalui pendekatan nilai-nilai Islami. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan program mentoring di SMA N 5 Yogyakarta dilaksanakan dengan dua kegiatan yakni kegiatan utama yang secara rutin setiap hari Jumat, dan kegiatan pelengkap untuk peserta mentoring, mentor, dan tim pengelola mentoring; 2) Terdapat tujuh bentuk karakter dasar yang dihasilkan setelah mengikuti kegiatan mentoring di SMA N 5 Yogyakarta. Pertama, Bertambah pemahaman Islam yang benar sesuai dengan Al Quran dan Sunnah. Kedua, eratnya persaudaraan antar siswa mentoring. Ketiga, siswa saling menasehati. Keempat, siswa berprestasi baik bidang keagamaan, akademik dan non akademik. Kelima, siswa beribadah berjamaah di masjid. Keenam, kemampuan siswa dalam membaca Al Quran bertambah. Ketujuh, interaksi yang baik siswa dengan guru, siswa dengan staf, siswa dengan siswa.
Kata kunci: program mentoring agama Islam, pendidikan karakter, SMA N 5 Yogyakarta
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v4i2.1429
Refbacks
- There are currently no refbacks.