IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER SISWA PECINTA ALAM DI SMA N 7 PURWOREJO

Wegi Andri Wijaya,

Abstract


Penelitian ini bertujuan  untuk  mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter siswa pecinta alam, dampak yang terjadi pada siswa yang mengikuti ekstrakurikuler siswa pecinta alam, serta faktor pendukung  dan  penghambat  implementasi  pendidikan  karakter  siswa  pecinta  alam  di  SMA  N  7 Purworejo.  Penelitian  dilaksanakan  di  SMA  N  7  Purworejo.  Penelitian  ini  merupakan  penelitian deskriptif  kualitatif.  Subjek  dalam  penelitian  ini  adalah  kepala  sekolah,  waka  kesiswaan,  pembina palasmega, dan anggota palasmega. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, kajian dokumen, dan wawancara.  Keabsahan  data  menggunakan  trianggulasi,  yaitu  trianggulasi  sumber  dan  trianggulasi teknik.  Analisis  data  menggunakan  beberapa  tahap  yaitu  pengumpulan  data,  reduksi  data,  penyajian data,  dan  penarikan  kesimpulan.  Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  implementasi  pendidikan karakter  siswa  pecinta  alam  di  SMA  N  7  Purworejo  dilaksanakan  melalui  tahap  perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Nilai-nilai karakter yang ada pada ektrakurikuler PALASMEGA antara lain religius,  peduli  lingkungan,  disiplin,  kerja  keras,  mandiri,  jujur,  bersahabat,  dan  tanggungjawab. Manfaat yang diperoleh siswa dari ekstrakurikuler PALASMEGA diantaranya peningkatan keimanan, disiplin,  toleransi  dan  tidak  membedakan  teman,  jujur,  bertanggungjawab,  kemandirian,  serta  peduli lingkungan. Faktor yang mendukung implementasi pendidika karakter siswa pecinta alam antara lain a) program 5S (senyum, salam, sapa, sopan, dan santun) dari sekolah, b) dewan guru yang menyisipkan nilai-nilai karakter pada setiap mata pelajaran, c) wadah OSIS SMA N 7 Purworejo yang sudah baik, d) antusiasme  yang  tinggi  dari  anggota  palasmega  dalam  setiap  kegiatan,  e)  tersedianya  sarana  dan prasarana  yang  lengkap,  f)  pendekatan  yang  dilakukan  Pembina  kepada  anggota,  sedangkan  faktor penghambat implementasi pendidikan karakter siswa pecinta alam yaitu kenakalan anggota palasmega dalam bentuk membandel dan beberapa anggota palasmega masih belum berjiwa pecinta alam. 

Kata kunci:  Pendidikan Karakter, Siswa Pecinta Alam, SMA N 7 Purworejo Abstract


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v5i1.1425

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Counter Web Analytics