IMPLEMENTASI KURIKULUM AKSELERASI PADA PROGRAM KELAS CERDAS ISTIMEWA (CI) DI SMP NEGERI 2 YOGYAKARTA

RINO SATYA NAGARA,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Perencanaan kurikulum akselerasi pada program kelas Cerdas  Istimewa;  2)  Implementasi  kurikulum  akselerasi  pada  program  kelas  Cerdas  Istimewa;  3)  Hambatan dalam mengimplementasikan kurikulum akselerasi pada program kelas Cerdas Istimewa. Penelitian merupakan penelitian  deskriptif  kualitatif.  Subyek  penelitian  ini  adalah  Kepala  Bidang  Pendidikan  Nasional  Diknas Pendidikan  Kota  Yogyakarta,  Kepala  Sekolah,  Guru  CI    dan  orang  tua  siswa.  Teknik  pengumpulan  data menggunakan  teknik  observasi,  wawancara  dan  dokumentasi.  Keabsahan  data menggunakan  triangulasi teknik dan sumber. Analis data menggunakan beberapa tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan Kurikulum Program Kelas Cerdas Istimewa  meliputi  penyusunan  kurikulum  yang  dipusatkan  pada  materi  yang  esensial  dan  perencanaan  seleksi siswa  yang  meliputi  3  tes,  yaitu  tes  administrasi,  psikotes,  dan  tes  wawancara;  2)  Implementasi  Kurikulum Akselerasi  Program  Kelas  Cerdas  Istimewa  dikategorikan  efektif  karena  semua  sudah  sesuai  dengan  pedoman penyelenggaraan pendidikan bagi peserta didik cerdas istimewa, sedangkan pengawasan program akselerasi ini dilakukan  oleh  Diknas Kota  Yogyakarta;  3)  Hambatan  dari  pelaksanaan  Kurikulum  Akselerasi  Program  Kelas Cerdas Istimewa yang dihadapi oleh Diknas Kota Yogyakarta dan sekolah adalah  pembiayaan kelas akselerasi relatif lebih mahal, sarana dan prasarana untuk kelas akselerasi tidak ada bedanya dengan kelas yang lain, dan membutuhkan tenaga pendidik yang berkompeten di bidangnya. 

Kata Kunci: Kurikulum Akselerasi, Program Kelas Cerdas Istimewa (CI)


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v5i1.1423

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Counter Web Analytics