ASPIRASI PENDIDIKAN DALAM KELUARGA TENAGA KERJA INDONESIA (TKI) DI DESA JANGKARAN KECAMATAN TEMON KABUPATEN KULON PROGO

Tri Lestari,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk aspirasi pendidikan dan faktor pendukung  serta  penghambat  aspirasi  pendidikan  keluarga  TKI  di  Desa  Jangkaran Kecamatan Temon Kabupaten Kulon Progo.   Penelitian  ini  menggunakan  pendekatan  kualitatif  deskriptif.  Subyek  penelitian  ini enam  keluarga  TKI  terdiri  dari  TKI,  pasangan  TKI  dan  anak  TKI  sehingga  informan berjumlah  18.  Teknik  pengumpulan  data  meliputi  observasi,  wawancara  dan    dokumentasi. Keabsahan  data  menggunakan  triangulasi  sumber  dan  triangulasi  teknik.  Analisis  data menggunakan beberapa tahap pengumpulan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.   Berdasarkan  data  penelitian  diperoleh  hasil:  1)  aspirasi  pendidikan  meliputi  aspirasi positif,  aspirasi  jangka  panjang  dan  pendek  serta  aspirasi  realistik  a)  TKI  beraspirasi  positif memberi pendidikan lebih baik, aspirasi jangka panjang yakni menyiapkan biaya pendidikan, aspirasi jangka pendek agar kegiatan pendidikan lancar serta aspirasi realistik adanya harapan anak  bergelar  sarjana,  b)  Pasangan  TKI,  aspirasi  positifnya  anak  berpendidikan  tinggi, aspirasi  jangka  panjangnya  menyiapkan  kebutuhan  sekolah,  aspirasi  jangka  pendek  yaitu mengawasi kegiatan sekolah dan aspirasi realistiknya anak tidak menjadi TKI, c) Anak TKI beraspirasi  positif  meningkatkan  prestasi,  aspirasi  jangka  panjangnya  memiliki  cita-cita, aspirasi  jangka  pendeknya  menekuni  kegiatan  yang  diikuti  dan  aspirasi  realistiknya  ingin jenis  pekerjaan  idaman.  2)  Faktor  pendukung  dan  penghambat  aspirasi  pendidikan  secara latar belakang, personal dan lingkungan. a) TKI, faktor pendukung dari latar belakang status sosial  ekonomi  yaitu  adanya  biaya  dan  fasilitas.  Penghambatnya  struktur  keluarga  TKI terpisah dengan anak. Personal yakni sikap positif terhadap pendidikan dan lingkungan yaitu orang tua mendukung pendidikan anak namun hambatannya sibuk bekerja dan minim waktu. b) Pasangan TKI, faktor pendukung dari latar belakang  yakni biaya pendidikan anak mudah namun kasih sayang kurang.  Faktor personal  yaitu persepsi pendidikan baik dan lingkungan orang  tua  terlibat  pada  kegiatan  belajar  anak.  c)  Anak  TKI  latar  belakang  ekonomi keluarganya  baik  namun  rindu  orang  tua  dan  merasa  kurang  perhatian,  ingin  melanjutkan pendidikan secara personal dan motivasi dari lingkungan sekitar.

Kata kunci: Aspirasi Pendidikan, Keluarga TKI


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v5i1.1422

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Counter Web Analytics