ASPIRASI PENDIDIKAN DALAM KELUARGA TENAGA KERJA INDONESIA (TKI) DI DESA JANGKARAN KECAMATAN TEMON KABUPATEN KULON PROGO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk aspirasi pendidikan dan faktor pendukung serta penghambat aspirasi pendidikan keluarga TKI di Desa Jangkaran Kecamatan Temon Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subyek penelitian ini enam keluarga TKI terdiri dari TKI, pasangan TKI dan anak TKI sehingga informan berjumlah 18. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan beberapa tahap pengumpulan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan data penelitian diperoleh hasil: 1) aspirasi pendidikan meliputi aspirasi positif, aspirasi jangka panjang dan pendek serta aspirasi realistik a) TKI beraspirasi positif memberi pendidikan lebih baik, aspirasi jangka panjang yakni menyiapkan biaya pendidikan, aspirasi jangka pendek agar kegiatan pendidikan lancar serta aspirasi realistik adanya harapan anak bergelar sarjana, b) Pasangan TKI, aspirasi positifnya anak berpendidikan tinggi, aspirasi jangka panjangnya menyiapkan kebutuhan sekolah, aspirasi jangka pendek yaitu mengawasi kegiatan sekolah dan aspirasi realistiknya anak tidak menjadi TKI, c) Anak TKI beraspirasi positif meningkatkan prestasi, aspirasi jangka panjangnya memiliki cita-cita, aspirasi jangka pendeknya menekuni kegiatan yang diikuti dan aspirasi realistiknya ingin jenis pekerjaan idaman. 2) Faktor pendukung dan penghambat aspirasi pendidikan secara latar belakang, personal dan lingkungan. a) TKI, faktor pendukung dari latar belakang status sosial ekonomi yaitu adanya biaya dan fasilitas. Penghambatnya struktur keluarga TKI terpisah dengan anak. Personal yakni sikap positif terhadap pendidikan dan lingkungan yaitu orang tua mendukung pendidikan anak namun hambatannya sibuk bekerja dan minim waktu. b) Pasangan TKI, faktor pendukung dari latar belakang yakni biaya pendidikan anak mudah namun kasih sayang kurang. Faktor personal yaitu persepsi pendidikan baik dan lingkungan orang tua terlibat pada kegiatan belajar anak. c) Anak TKI latar belakang ekonomi keluarganya baik namun rindu orang tua dan merasa kurang perhatian, ingin melanjutkan pendidikan secara personal dan motivasi dari lingkungan sekitar.
Kata kunci: Aspirasi Pendidikan, Keluarga TKI
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v5i1.1422
Refbacks
- There are currently no refbacks.