IMPEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI 2 MAGELANG
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh status SMA Negeri 2 Magelang sebagai pilloting project dalam pelaksanaan Kurikulum 2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang: (1) pelaksanaan Kurikulum 2013 di SMA Negeri 2 Magelang; (2) kesulitan atau permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 di SMA Negeri 2 Magelang; (3) upaya-upaya yang dilakukan dalam mengatasi kesulitan yang dihadapi dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 di SMA Negeri 2 Magelang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah, guru, siswa dan orangtua siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrument utama dalam melakukan penelitian yang dibantu lembar wawancara dan pedoman dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan model analisis interaktif. Data diuji keabsahannya melalui triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan Kurikulum 2013 telah berjalan sesuai dengan tujuan yaitu peningkatan pemahaman siswa, keterampilan siswa, keaktifan siswa, kemampuan diskusi dan perubahan karakter siswa tetapi masih perlu dilakukan evaluasi dan perbaikan diseluruh aspek; (2) Kesulitan yang dihadapi oleh guru dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 terkait tentang media, pengemasan pembelajaran, penilaian hasil belajar siswa dan memberikan sumber belajar. Sedangkan kesulitan pada siswa adalah mencari sumber belajar dalam menyelesaikan tugas; (3) Upaya dalam mengatasi kesulitan pelaksanaan Kurikulum 2013 dengan melaksanakan pelatihan, workshop, MGMP dan IHT (In House Training). Selain itu untuk penilaian hasil belajar siswa dengan melakukan praktik pelatihan secara berkala.
Kata kunci: Implementasi, Kurikulum 2013
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v5i1.1420
Refbacks
- There are currently no refbacks.