PERSIAPAN SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI PANGEN GUDANG PURWOREJO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persiapan-persiapan yang dilakukan sekolah dalam implementasi kebijakan Kurikulum 2013 di SD Negeri Pangen Gudang Purworejo. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Pemilihan subjek penelitian menggunakan teknik purposive dan didapatkan lima subjek penelitian. Subjek penelitian ditentukan berdasarkan peran dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 di SD Negeri Pangen Gudang diantaranya kepala sekolah dan guru kelas yang telah ditunjuk untuk melaksanakan pengajaran dengan Kurikulum 2013 dan sudah mendapatkan pendidikan dan pelatihan pembelajaran dengan Kurikulum 2013 serta komponen luar sekolah yaitu komite sekolah yang memiliki kontribusi terhadap pelaksanaan Kurikulum 2013 di SD Negeri Pangen Gudang Purworejo. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dan observasi. Instrumen pada penelitian ini adalah peneliti itu sendiri dan dibantu oleh rambu-rambu wawancara dan rambu-rambu observasi. Analisis data menggunakan interactive model. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian yang didapatkan difokuskan pada persiapan yang dilakukan sekolah dalam melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan Kurikulum 2013. Pada faktor kesiapan kepala sekolah yaitu kepala sekolah mampu menggerakan sumber daya yang ada di sekolah dengan kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan yang menunjang dalam pelaksanaan program Kurikulum 2013. Kepala sekolah juga mampu melaksanakan tugas supervisi yang menghasilkan poin-poin evaluasi sebagai dasar pertimbangan penyusunan kebijakan yang selanjutnya. Pada faktor kesiapan guru yaitu ketiga subjek memiliki kesadaran dan perhatian yang tinggi terhadap perubahan kurikulum. Mereka mengikuti diklat pendidikan dan pelatihan pelaksanaan Kurikulum 2013 yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun secara mandiri oleh sekolah. Ketiganya memiliki dorongan yang tinggi untuk mandiri dalam menyiapkan sumber belajar kebutuhan-kebutuhan administrasi pendidikan lainnya walaupun tidak semuanya dapat ditemukan dibuku pengangan guru dari pemerintah. Pada faktor dukungan komite sekolah yaitu berhasil dalam memediatori kebutuhan sekolah terhadap dukungan wali dan tuntutan pendidikan terhadap sekolah sehingga didapatkan keadaan yang kondusif dalam melaksanakan Kurikulum 2013.
Kata kunci: Persiapan, Implementasi, Kurikulum 2103
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v5i1.1419
Refbacks
- There are currently no refbacks.