PERSIAPAN SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI PANGEN GUDANG PURWOREJO

Latif Aminnudin,

Abstract


Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mendeskripsikan  persiapan-persiapan  yang  dilakukan sekolah  dalam  implementasi  kebijakan  Kurikulum  2013  di  SD  Negeri  Pangen  Gudang Purworejo.  Pendekatan  penelitian  menggunakan  pendekatan  penelitian  kualitatif  deskriptif. Pemilihan  subjek  penelitian  menggunakan  teknik  purposive  dan  didapatkan  lima  subjek penelitian.  Subjek  penelitian  ditentukan  berdasarkan  peran  dalam  pelaksanaan  Kurikulum 2013  di  SD  Negeri  Pangen  Gudang  diantaranya  kepala  sekolah  dan  guru  kelas  yang  telah ditunjuk  untuk  melaksanakan  pengajaran  dengan  Kurikulum  2013  dan  sudah  mendapatkan pendidikan dan pelatihan pembelajaran dengan Kurikulum 2013 serta komponen luar sekolah yaitu komite sekolah yang memiliki kontribusi terhadap pelaksanaan Kurikulum 2013 di SD Negeri  Pangen  Gudang  Purworejo.  Metode  pengumpulan  data  menggunakan  wawancara mendalam dan observasi. Instrumen pada penelitian ini adalah peneliti itu sendiri dan dibantu oleh  rambu-rambu  wawancara  dan  rambu-rambu  observasi.  Analisis  data  menggunakan interactive model. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian yang didapatkan  difokuskan  pada  persiapan  yang  dilakukan  sekolah  dalam  melaksanakan pembelajaran  dengan  menggunakan  Kurikulum  2013.  Pada  faktor  kesiapan  kepala  sekolah yaitu  kepala  sekolah  mampu  menggerakan  sumber  daya  yang  ada  di  sekolah  dengan kebijakan-kebijakan  yang  dikeluarkan  yang  menunjang  dalam  pelaksanaan  program Kurikulum  2013.  Kepala  sekolah  juga  mampu  melaksanakan  tugas  supervisi  yang menghasilkan  poin-poin  evaluasi  sebagai  dasar  pertimbangan  penyusunan  kebijakan  yang selanjutnya. Pada faktor kesiapan guru yaitu ketiga subjek memiliki kesadaran dan perhatian yang  tinggi  terhadap  perubahan  kurikulum.  Mereka  mengikuti  diklat  pendidikan  dan pelatihan pelaksanaan Kurikulum 2013 yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun secara mandiri  oleh  sekolah.  Ketiganya  memiliki  dorongan  yang  tinggi  untuk  mandiri  dalam menyiapkan sumber belajar kebutuhan-kebutuhan administrasi pendidikan lainnya walaupun tidak  semuanya  dapat  ditemukan  dibuku  pengangan  guru  dari  pemerintah.  Pada  faktor dukungan  komite  sekolah  yaitu  berhasil  dalam  memediatori  kebutuhan  sekolah    terhadap dukungan wali dan tuntutan pendidikan terhadap sekolah sehingga didapatkan keadaan yang kondusif dalam melaksanakan Kurikulum 2013.

Kata kunci: Persiapan, Implementasi, Kurikulum 2103 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v5i1.1419

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Counter Web Analytics