PERAN SMK NEGERI 2 SEWON SEBAGAI SMK PUSAT LAYANAN TIK SE KABUPATEN BANTUL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengkaji tentang peran SMK Negeri 2 Sewon sebagai SMK Pusat Layanan TIK se Kabupaten Bantul.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan informan penelitian terdiri atas kepala sekolah, tim SMK Pusat Layanan TIK, dan Operator data pokok sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data menggunakan tiga tahapan analisis yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran SMK Negeri 2 Sewon sebagai SMK Pusat Layanan TIK se Kabupaten Bantul sudah berjalan baik, walaupun masih ada yang belum optimal. Peran SMK Negeri 2 Sewon dalam pusat layanan TIK sebagai: a) pusat Koordinasi data sekolah diwujudkan dalam pengkoordinasian anggota tim SMK pusat layanan TIK dan pelatihan operator sekolah; b) pusat pelatihan operator sekolah diwujudkan dengan diselenggarakannya pelatihan operator sekolah oleh anggota tim yang sebelumnya sudah mendapatkan pelatihan di Jakarta; c) pusat kompilasi data diwujudkan dengan pengumpulan seluruh data sekolah seluruh SMK di Bantul guna dilakukan penataan/kompilasi sehingga menjadi teratur dan menjadikan informasi yang berguna; d) perawatan sarana peralatan TIK diwujudkan dengan perawatan berkala server sekolah, perawatan perangkat komputer. Hambatan yang ditemui tim dalam pelaksanaan SMK pusat Layanan TIK adalah operator yang kurang terampil dalam menggunakan komputer, dan kurangnya komitmen guru untuk mengumpulkan berkas data yang akan diinputkan.
Kata Kunci
peran SMK, pusat layanan TIK, dan Kabupaten Bantul.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v4i1.1356
Refbacks
- There are currently no refbacks.