PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH ISLAM TERPADU (SDIT) AN NAJAH JATINOM KLATEN
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendidikan karakter di SDIT An Najah Jatinom dengan fokus kepada program pendidikan karakter, nilai-nilai karakter yang ditargetkan, metode pendidikan karakter, evaluasi pendidikan karakter, kendala dan upaya yang dihadapi dalam pendidikan karakter.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif naturalistik. Tempat penelitian adalah SDIT An Najah Jatinom, Klaten. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumen. Peneliti menggunakan uji triangulasi sumber dan teknik. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan model Miles dan Hubberman.
Hasil penelitian adalah: 1) Program pendidikan karakter di sekolah adalah PKL, field trip, Hisbul Wathan, rihlah ilmiah, sholat Dhuha dan Dzuhur berjamaah, BTQ dan Rumah Sabilillah, 2) Nilai-nilai yang menjadi targetadalah religius, tanggung jawab, disiplin, mandiri, rasa ingin tahu, peduli lingkungan dan sosial. 4) Metode pendidikan karakter yang dilaksanakan adalah inkulkasi nilai, fasilitasi nilai, keteladanan dan pengembangan keterampilan akademik dan sosial. 5) Evaluasi pendidikan karakter yang digunakan adalah evaluasi perilaku moral. 6)Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pendidikan karakter adalah adanya sikap kurang peduli beberapa orang tua,beberapa pendidik masih kurang kompak, dan masih adasiswa yang kurang berpartisipasi dalam kegiatan. 7) Upayadalam mengatasi kendala adalah mengadakan forum parenting, membuat buku komunikasi, dan melakukan monitoring dan evaluasi bagi guru.
Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Sekolah Dasar, Nilai-nilai Karakter
Abstract
This research aims to describe character education at SDIT An Najah Jatinom with focus on character education program, target character value, character education method, character education evaluation, constraint and effort encountered in character education.
This research uses qualitative descriptive qualitative approach. The research location is SDIT An Najah Jatinom, Klaten. Data collection techniques used were observation, in-depth interviews, and document studiesThe researcher used the triangulation technique to verify the data. It was also analyzed by Miles and Hubberman's model.
The results show that: 1) Character education program such as PKL, Field Trip, HW, Rihlah Ilmiah, Dhuha, and Dzuhur prayer, BTQ, and Rumah Sabilillah, 2) Target values are religious, responsibility, discipline, independent, curiosity, environmental and social concerns. 3) Core values needed were religiosity, discipline, independent, respect and social care. 4) The method used in the implementation were inclusiveness, facilitation, role model and skills in academic and social. 5) The character education evaluation used is the evaluation of moral behavior. 6) Constraints faced in the implementation of character education is the lack of care some parents, some educators are still less compact, and there are still students who are less participate in the activities. 7) Efforts in overcoming obstacles are holding parenting forums, creating communication books, and monitoring and evaluation for teachers.
Keywords: Education Character, Elementary School, Character values
Full Text:
PDFReferences
Filsafat dan Sosiologi Pendidikan, Kebijakan Pendidikan FIP Uiversitas Negeri Yogyakarta
DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v7i5.13147
Refbacks
- There are currently no refbacks.