PELAKSANAAN PENDIDIKAN NILAI KEDISIPLINAN SISWA DI SD MUHAMMADIYAH WIROBRAJAN 3

Hasti Purwaningrum, Filsafat dan Sosiologi Pendidikan, Kebijakan Pendidikan FIP Universitas Negeri Yogyakarta., Indonesia

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai pelaksanaan pendidikan nilai kedisiplinan siswa di SD Muhammadiyah Wirobrajan 3. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah nilai kedisiplinan di SD Muhammadiyah Wirobrajan 3. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan: (1) kegiatan pendisiplinan siswa yang dilakukan di SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 melalui kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler, (2) proses penanaman kedisiplinan siswa: (a) sekolah mengetatkan kedisiplinan sejak 2009, (b) latar belakang penanaman kedisiplinan siswa adalah kesadaran, keprihatinan, saran, (c) sekolah memiliki anggaran otomatis untuk setiap kegiatan, (d) sekolah memiliki sarana prasarana yang lengkap, (e) persiapan yang dilakukan sekolah cukup matang, (f) semua pihak turut berpartisipasi, (3) manfaat dari pendisiplinan ini adalah semua pihak mendapatkan dampak yang positif, (4) faktor pendukung: (a) sumber daya manusia yang memadahi, (b) aturan yang baik, (c) sekolah merupakan sekolah muhammadiyah, (d) semua pihak saling mendukung, (e) sebagian siswa mudah diatur, (5) faktor penghambat: (a) keterbatasan prasarana, (b) peran orangtua dan sekolah belum sinkron, (c) sebagian siswa masih sulit menerima aturan, (6) solusi: (a) sekolah membangun jembatan penghubung, (b) komunikasi yang baik, (c) diadakan parenting, (d) surat panggilan.
Kata kunci: pelaksanaan kedisiplinan, penanaman kedisiplinan, kedisiplinan siswa.

Abstract
This research aimed to describe the implementation of students disciplinary value education in primary school Muhammadiyah Wirobrajan 3. This research is a qualitative descriptive research. The subject of this research is the discipline value in SD Muhammadiyah Wirobrajan 3. Data collection was done by observation method, interview, and documentation. Data analysis techniques used are with data reduction, data presentation, and conclusion. Test data validity using source triangulation. The results of the study showed: (1) disciplinary activities of students undertaken at primary school Muhammadiyah Wirobrajan 3 through intracurricular and extracurricular activities, (2) disciplinary student development process: (a) the school tightened discipline since 2009, (b) the background of student discipline cultivation is awareness, concern, advice, (c) the school has an automatic budget for each activity, (d) the school has complete infrastructure, (e) preparation done by the school is well done, (f) all parties participate, (3) the benefit of this discipline is all parties have a positive impact on student discipline, (4) supporting factors: (a) adequate human resources, (b) good rules, (c) schools are muhammadiyah schools, (d) all parties support each other, (e) some students are easy to manage, (5) inhibiting factors: (a) infrastructure limitations, (b) parent and school roles not yet synchronized, (c) some students still have difficulty accepting rules, (6) solutions: (a) school building bridges, (b) good communication, (c) held parenting, (d) a summons.
Keywords: implementation of discipline, discipline planting, student discipline


Full Text:

PDF

References


Filsafat dan Sosiologi Pendidikan, Kebijakan Pendidikan FIP Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v7i2.13075

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik CounterĀ Web Analytics