IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN PERKOPERASIAN DI KOPERASI MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Windy Widya Pangestika, Filsafat dan Sosiologi Pendidikan, Kebijakan Pendidikan FIP Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Implementasi kebijakan pendidikan perkoperasian di Kopma UNY. (2) Faktor pendukung dan penghambatnya. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan setting penelitian di Koperasi Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta. Subjek penelitian ini meliputi kepala ketua umum, kepala bidang PSDA, tim pelaksana dan anggota. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan telaah dokumen. Analisis data menggunakan model interaktif yang dikembangkan oleh Matthew B. Miles dan A. Michael Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Implementasi kebijakan pendidikan dasar perkoperasian di Kopma UNY berdasar kepada AD ART Kopma UNY Bab V pasal 9 dengan tujuan sebagai sumber pengetahuan bagi anggota koperasi untuk belajar koperasi.(2) faktor pendukung implementasi kebijakan pendidikan perkoperasian di Kopma UNY adalah adanya alokasi dana pendidikan secara mandiri, memiliki SDM yang berkualitas, sarana dan prasarana yang memadai. Sementara faktor penghambatnya masih kurang maksimalnya persiapan peserta dalam mempersiapkan pelaksanaan pendidikan koperasi, dan masih banyak anggota yang belum sadar akan pentingnya pendidikan koperasi.
Kata Kunci: Implementasi kebijakan, dan pendidikan perkoperasian

Abstract
This research aimed to describe: (1) implementation of the cooperation education policy at Cooperation Student Yogyakarta State Of University, (2) the supporting factors and the obstacles. This research method used qualitative descritive approach. The research setting was at Cooperation Student Yogyakarta Of University. The subjects were the general chairman, chairman PSDA, exsecutive team and members. Data collecting techniques used interview, observation, and study documents. Data analysis used interactive model who was developed by Matthew B. Miles and A. Michael Huberman. 1) Basic education policy Implementation cooperation on Kopma UNY based to AD ART Kopma UNY chapter V article 9 with the goal as a source of knowledge for members of cooperation to cooperation learning. Cooperation education needs to be as a source of knowledge form the members to learn cooperation.(2) The supporting faktors in Implementation of the cooperation education policy at Cooperation Student Yogyakarta State Of University were in Cooperation student is the allocation education funding independently having resource quality, facilities and infrastukture sufficient. While obstarcles were is weak maximum preparation participants in preparing the implementation of the education cooperation, and still mani many members who have not aware of th importance of education cooperations.
Keywords: implementation policy, and education cooperation .


Full Text:

PDF

References


Filsafat dan Sosiologi Pendidikan, Kebijakan Pendidikan FIP Universitas Negeri Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v7i1.13067

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik CounterĀ Web Analytics