ASPIRASI ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN ANAK DI DESA KIMAKAMA, KEC ILE APE, KAB LEMBATA PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR (NTT)
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentangaspirasi orang tuadalam pendidikan anak,
serta mengetahui apa yang melatar belakangi aspirasi orang tua dalam pendidikan anak di desa
Kimakama, NTT. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek
penelitian ini adalah orang tua dan anak di desa Kimakama. Pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis
data adalah display data, reduksi data, dan pengembalian kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan
trianggulasi sumber, dan trianggulasi teknik.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemahaman sebagian
besar orang tua akan pentingnya pendidikan di desa Kimakama masih sangat minim. Orang tua sering kali
mengorbankan pendidikan anaknya untuk anak bekerja di ladang yang dianggap lebih penting ketimbang
pendidikan anaknya. Hal ini berdampak pada rendahnya kesempatan anakuntuk melanjutkan pendidikan
ke jenjang yang lebih tinggi. Selain itu minimnya hasrat dari orang tua untuk melanjutkan pendidikan
anak, membuat anak menjadi putus asa memperoleh pendidikan. Sebagian besar orang tua lebih
mengutamakan dana mereka untuk pesta adat dibanding untuk menyekolahkan anak mereka. Adapun
faktor penyebab orang tua tidak memberikan kesempatan kepada anaknya untuk melanjutkan pendidikan
ke jenjang yang lebih tinggi antara lain: (a) faktor ekonomi, (b) faktor budaya, (c) faktor tenaga kerja, dan
(d) faktor adat istiadat.
Kata Kunci: Aspirasi orang tua dalam pendidikan, aspirasi pendidikan, pendidikan anak di desa
Kimakama (NTT)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentangaspirasi orang tuadalam pendidikan anak,
serta mengetahui apa yang melatar belakangi aspirasi orang tua dalam pendidikan anak di desa
Kimakama, NTT. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek
penelitian ini adalah orang tua dan anak di desa Kimakama. Pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis
data adalah display data, reduksi data, dan pengembalian kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan
trianggulasi sumber, dan trianggulasi teknik.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemahaman sebagian
besar orang tua akan pentingnya pendidikan di desa Kimakama masih sangat minim. Orang tua sering kali
mengorbankan pendidikan anaknya untuk anak bekerja di ladang yang dianggap lebih penting ketimbang
pendidikan anaknya. Hal ini berdampak pada rendahnya kesempatan anakuntuk melanjutkan pendidikan
ke jenjang yang lebih tinggi. Selain itu minimnya hasrat dari orang tua untuk melanjutkan pendidikan
anak, membuat anak menjadi putus asa memperoleh pendidikan. Sebagian besar orang tua lebih
mengutamakan dana mereka untuk pesta adat dibanding untuk menyekolahkan anak mereka. Adapun
faktor penyebab orang tua tidak memberikan kesempatan kepada anaknya untuk melanjutkan pendidikan
ke jenjang yang lebih tinggi antara lain: (a) faktor ekonomi, (b) faktor budaya, (c) faktor tenaga kerja, dan
(d) faktor adat istiadat.
Kata Kunci: Aspirasi orang tua dalam pendidikan, aspirasi pendidikan, pendidikan anak di desa
Kimakama (NTT)
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v6i8.10311
Refbacks
- There are currently no refbacks.