Profil Pendidikan Anak Usia Dini Pada Buruh Gendong Pasar Giwangan Yogyakarta
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendidikan anak usia dini pada buruh gendong di
Pasar Giwangan Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah buruh
gendong Pasar Giwangan Yogyakarta dan anak-anak usia dini buruh gendong. Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi
data, penyajian data dan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan trianggulasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Buruh gendong memiliki peran ganda sebagai seorang ibu
sekaligus sebagai pencari nafkah. Hal ini terjadi karena tuntutan ekonomi yang semakin tinggi sementara
ekonomi buruh gendong relatif rendah. 2) Pendidikan anak usia dini sangat dipengaruhi dengan peran
orangtua, pada kehidupan buruh gendong di Pasar Giwangan ini, sangat minim sekali waktu yang dimiliki
oleh buruh gendong untuk mendampingi anak-anaknya dalam belajar dan dalam tumbuh kembang anak.
Para buruh gendong jarang berada di rumah karena mereka menginap di wilayah Pasar sehingga tanggung
jawab menjaga anak dilimpahkan kepada suami, nenek atau anak tertua dari buruh gendong. 3) Buruh
gendong memiliki cara masing-masing untuk dapat tetap memantau anak-anaknya dirumah. Misalnya saja
Ibu R yang sudah menggunakan handphone untuk tetap bisa memantau keadaan anak-anaknya dari jauh,
kemudian ada Ibu T yang berusaha pulang 1 kali dalam seminggu karena Ibu T tidak memiliki alat
kominikasi seperti Ibu R, maka Ibu T memilih untuk pulang lebih cepat yakni 1 kali dalam seminggu. Lain
halnya dengan Ibu Y, Ibu Y memilih untuk pulang setiap hari kerumah dengan berbagai pertimbangan, Ibu
Y yang memiliki 2 anak ini tidak tega meninggalkan anak-anaknya yang masih berusia belia yakni 14 dan 3
tahun. Ibu Y berangkat siang dan baru pulang subuh. Dirumahnya hanya tinggal neneknya yang sudah sakitsakitan
sehingga untuk tetap bisa bekerja maka Ibu Y memilih untuk “nglaju”.
Kata kunci: Pendidikan, Pendidikan Anak Usia Dini, Buruh Gendong
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendidikan anak usia dini pada buruh gendong di
Pasar Giwangan Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah buruh
gendong Pasar Giwangan Yogyakarta dan anak-anak usia dini buruh gendong. Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi
data, penyajian data dan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan trianggulasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Buruh gendong memiliki peran ganda sebagai seorang ibu
sekaligus sebagai pencari nafkah. Hal ini terjadi karena tuntutan ekonomi yang semakin tinggi sementara
ekonomi buruh gendong relatif rendah. 2) Pendidikan anak usia dini sangat dipengaruhi dengan peran
orangtua, pada kehidupan buruh gendong di Pasar Giwangan ini, sangat minim sekali waktu yang dimiliki
oleh buruh gendong untuk mendampingi anak-anaknya dalam belajar dan dalam tumbuh kembang anak.
Para buruh gendong jarang berada di rumah karena mereka menginap di wilayah Pasar sehingga tanggung
jawab menjaga anak dilimpahkan kepada suami, nenek atau anak tertua dari buruh gendong. 3) Buruh
gendong memiliki cara masing-masing untuk dapat tetap memantau anak-anaknya dirumah. Misalnya saja
Ibu R yang sudah menggunakan handphone untuk tetap bisa memantau keadaan anak-anaknya dari jauh,
kemudian ada Ibu T yang berusaha pulang 1 kali dalam seminggu karena Ibu T tidak memiliki alat
kominikasi seperti Ibu R, maka Ibu T memilih untuk pulang lebih cepat yakni 1 kali dalam seminggu. Lain
halnya dengan Ibu Y, Ibu Y memilih untuk pulang setiap hari kerumah dengan berbagai pertimbangan, Ibu
Y yang memiliki 2 anak ini tidak tega meninggalkan anak-anaknya yang masih berusia belia yakni 14 dan 3
tahun. Ibu Y berangkat siang dan baru pulang subuh. Dirumahnya hanya tinggal neneknya yang sudah sakitsakitan
sehingga untuk tetap bisa bekerja maka Ibu Y memilih untuk “nglaju”.
Kata kunci: Pendidikan, Pendidikan Anak Usia Dini, Buruh Gendong
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v6i8.10309
Refbacks
- There are currently no refbacks.