IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN BERBASIS BUDAYA DI DESA PAGERHARJO KABUPATEN KULON PROGO
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi kebijakan pendidikan berbasis budaya di
Desa Pagerharjo Kabupaten Kulon Progo. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek
penelitian adalah kepala desa, kepala dusun, ketua seni budaya, ketua karang taruna, dan peserta
kegiatan. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan studi dokumen. Analisis data
meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan dengan trianggulasi
sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) implementasi kebijakan pendidikan berbasis
budaya di Desa Pagerharjo Kabupaten Kulon Progo, belum dimanajemen secara terperinci seperti
pelaksananya, keuangan, sarana prasarana dan prosedur kerja. Implementasi kebijakan baru himbauan
pemerintah desa kemudian diaplikasikan langsung oleh masyarakat. pengaplikasiannya melalui
sosialisasi, pemberian contoh, pembiasaan, kegiatan sosial budaya. Pelaksanaan progam meliputi: a)
komunikasi melalui sosialisasi dan koordinasi perangkat desa, dusun dan organisasi masyarakat; b)
sumber daya manusia, dana, dan sarana prasarana tersedia; c) disposisi atau respon masyarakat positif; d)
struktur birokrasi ada dan terlibat dalam progam kegiatan. 2) faktor pendukung: tujuan bersama, adanya
pemahaman pendidikan berbasis budaya, ada progam kegiatan penunjang, organisasi masyarakat,
partisipasi dan sarana prasrana. Faktor penghambat: partisispasi musiman, orientasi pada keuntungan,
belum ada pedoman pelaksanaan, serta pengaruh negatif arus global dan kemajuan teknologi.
Kata kunci: implementasi kebijakan, pendidikan berbasis budaya, desa budaya.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi kebijakan pendidikan berbasis budaya di
Desa Pagerharjo Kabupaten Kulon Progo. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek
penelitian adalah kepala desa, kepala dusun, ketua seni budaya, ketua karang taruna, dan peserta
kegiatan. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan studi dokumen. Analisis data
meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan dengan trianggulasi
sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) implementasi kebijakan pendidikan berbasis
budaya di Desa Pagerharjo Kabupaten Kulon Progo, belum dimanajemen secara terperinci seperti
pelaksananya, keuangan, sarana prasarana dan prosedur kerja. Implementasi kebijakan baru himbauan
pemerintah desa kemudian diaplikasikan langsung oleh masyarakat. pengaplikasiannya melalui
sosialisasi, pemberian contoh, pembiasaan, kegiatan sosial budaya. Pelaksanaan progam meliputi: a)
komunikasi melalui sosialisasi dan koordinasi perangkat desa, dusun dan organisasi masyarakat; b)
sumber daya manusia, dana, dan sarana prasarana tersedia; c) disposisi atau respon masyarakat positif; d)
struktur birokrasi ada dan terlibat dalam progam kegiatan. 2) faktor pendukung: tujuan bersama, adanya
pemahaman pendidikan berbasis budaya, ada progam kegiatan penunjang, organisasi masyarakat,
partisipasi dan sarana prasrana. Faktor penghambat: partisispasi musiman, orientasi pada keuntungan,
belum ada pedoman pelaksanaan, serta pengaruh negatif arus global dan kemajuan teknologi.
Kata kunci: implementasi kebijakan, pendidikan berbasis budaya, desa budaya.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v6i8.10304
Refbacks
- There are currently no refbacks.