IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN HOMESCHOOLING ANAK PELANGI YOGYAKARTA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi kebijakan pendidikan di
Homeschooling Anak Pelangi serta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kebijakan
pendidikan di Homeschooling Anak Pelangi antara lain kebijakan tentang pendidik, peserta didik,
kurikulum, proses belajar mengajar dan tujuan pendidikan. Ada beberapa kebijakan yang dilaksanakan
untuk meningkatkan kualitas pendidikan homeschooling. Faktor pendukung kebijakan di Homeschooling
Anak Pelangi adalah SDM dan fasilitas memadai, partisipasi orangtua, teamwork dari pimpinan, divisi dan
guru, dan legalitas dari Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta. Faktor penghambat kebijakan di
Homeschooling Anak Pelangi Yogyakarta adalah alokasi waktu belajar mengajar yang kurang.
Kata kunci: implementasi, kebijakan pendidikan, homeschooling
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi kebijakan pendidikan di
Homeschooling Anak Pelangi serta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kebijakan
pendidikan di Homeschooling Anak Pelangi antara lain kebijakan tentang pendidik, peserta didik,
kurikulum, proses belajar mengajar dan tujuan pendidikan. Ada beberapa kebijakan yang dilaksanakan
untuk meningkatkan kualitas pendidikan homeschooling. Faktor pendukung kebijakan di Homeschooling
Anak Pelangi adalah SDM dan fasilitas memadai, partisipasi orangtua, teamwork dari pimpinan, divisi dan
guru, dan legalitas dari Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta. Faktor penghambat kebijakan di
Homeschooling Anak Pelangi Yogyakarta adalah alokasi waktu belajar mengajar yang kurang.
Kata kunci: implementasi, kebijakan pendidikan, homeschooling
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v6i7.10300
Refbacks
- There are currently no refbacks.