PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SD N JETIS BANTUL
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebijakan partisipasi masyarakat dalam
meningkatkan prestasi siswa di SD N Jetis serta faktor pendukung dan penghambatnya. Pendekatan
penelitian adalah kualitatif. Subyek penelitian adalah orang tua. Teknik pengumpulan data yaitu
observasi, wawancara dan studi dokumen. Data dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data yaitu trianggulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian
adalah kebijakan partisipasi masyarakat untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di SD N Jetis
diwujudkan dalam kegiatan-kegiatan sekolah. Bentuk partisipasi orang tua siswa adalah komunikasi
yang efektif dalam memantau perkembangan belajar, membantu pembelajaran di rumah, penyediaan
kebutuhan belajar, perencanaan dan pengambilan keputusan serta menciptakan keamanan dan
kenyamanan lingkungan belajar. Faktor pendukung yaitu media komunikasi yang variatif, sambutan
guru yang baik, serta kesadaran orang tua bahwa pendidikan anak merupakan tanggungjawab
bersama. Faktor penghambat yaitu adanya kecenderungan orang tua yang berpendapatan dan
berpendidikan rendah kurang terlibat, kesibukan orang tua, dan jarak rumah yang jauh dari sekolah.
Kata kunci: kebijakan, partisipasi, masyarakat, prestasi
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebijakan partisipasi masyarakat dalam
meningkatkan prestasi siswa di SD N Jetis serta faktor pendukung dan penghambatnya. Pendekatan
penelitian adalah kualitatif. Subyek penelitian adalah orang tua. Teknik pengumpulan data yaitu
observasi, wawancara dan studi dokumen. Data dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data yaitu trianggulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian
adalah kebijakan partisipasi masyarakat untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di SD N Jetis
diwujudkan dalam kegiatan-kegiatan sekolah. Bentuk partisipasi orang tua siswa adalah komunikasi
yang efektif dalam memantau perkembangan belajar, membantu pembelajaran di rumah, penyediaan
kebutuhan belajar, perencanaan dan pengambilan keputusan serta menciptakan keamanan dan
kenyamanan lingkungan belajar. Faktor pendukung yaitu media komunikasi yang variatif, sambutan
guru yang baik, serta kesadaran orang tua bahwa pendidikan anak merupakan tanggungjawab
bersama. Faktor penghambat yaitu adanya kecenderungan orang tua yang berpendapatan dan
berpendidikan rendah kurang terlibat, kesibukan orang tua, dan jarak rumah yang jauh dari sekolah.
Kata kunci: kebijakan, partisipasi, masyarakat, prestasi
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v6i6.10113
Refbacks
- There are currently no refbacks.