IMPLEMENTASI PROGRAM GURU PEMBELAJAR DI SD NEGERI SERAYU YOGYAKARTA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Implementasi program guru pembelajar
di SDN Serayu Yogyakarta. (2) Faktor pendukung dan penghambatnya. Metode penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan setting penelitian di SDN Serayu Yogyakarta.
Subjek penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data melalui
wawancara, observasi, dan telaah dokumen. Analisis data menggunakan model interaktif yang
dikembangkan oleh Matthew B. Miles dan A. Michael Huberman. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa: (1) Implementasi program guru pembelajar bertujuan untuk meningkatkan
kompetensi guru melalui moda pembelajaran daring/online, daring kombinasi, maupun tatap muka
dalam rangka mengembangkan pembelajaran yang efektif. Manfaat yang diperoleh guru adalah
meningkatnya wawasan, dapat saling berbagi pengalaman, mengembangkan kultur kolaborasi,
mendorong pengembangan metode dan media pembelajaran, dan meningkatkan pemanfaatan ICT.
(2) Faktor pendukung implementasi program guru pembelajar di SDN Serayu Yogyakarta adalah
kesempatan dari pemerintah, dukungan pihak sekolah, tersedianya sarana prasarana, dan motivasi.
Sementara penghambatnya ialah keterbatasan waktu, kurangnya penguasaan ICT, dan keterbatasan
dana.
Kata Kunci: implementasi program, guru pembelajar, dan guru sekolah dasar
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Implementasi program guru pembelajar
di SDN Serayu Yogyakarta. (2) Faktor pendukung dan penghambatnya. Metode penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan setting penelitian di SDN Serayu Yogyakarta.
Subjek penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data melalui
wawancara, observasi, dan telaah dokumen. Analisis data menggunakan model interaktif yang
dikembangkan oleh Matthew B. Miles dan A. Michael Huberman. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa: (1) Implementasi program guru pembelajar bertujuan untuk meningkatkan
kompetensi guru melalui moda pembelajaran daring/online, daring kombinasi, maupun tatap muka
dalam rangka mengembangkan pembelajaran yang efektif. Manfaat yang diperoleh guru adalah
meningkatnya wawasan, dapat saling berbagi pengalaman, mengembangkan kultur kolaborasi,
mendorong pengembangan metode dan media pembelajaran, dan meningkatkan pemanfaatan ICT.
(2) Faktor pendukung implementasi program guru pembelajar di SDN Serayu Yogyakarta adalah
kesempatan dari pemerintah, dukungan pihak sekolah, tersedianya sarana prasarana, dan motivasi.
Sementara penghambatnya ialah keterbatasan waktu, kurangnya penguasaan ICT, dan keterbatasan
dana.
Kata Kunci: implementasi program, guru pembelajar, dan guru sekolah dasar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v6i6.10112
Refbacks
- There are currently no refbacks.