BUDAYA SEKOLAH DI SEKOLAH MENENGAH ATAS 17 BANTUL
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan budaya sekolah di Sekolah Menengah Atas 17
Bantul dibidang akademik dan non akademik. Jenis penelitian ini kualitatif. Subjek penelitian ini
kepala sekolah, guru, staf sekolah dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi,
wawancara, dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian (1) Budaya di SMA 17 Bantul di bidang akademik meliputi nilai budaya membaca
dan nilai penghargaan/prestasi, non akademik meliputi nilai kreativitas, nilai penghargaan/prestasi,
nilai kerjasama, nilai solidaritas, nilai kedisiplinan, dan nilai kesopanan. (2) Tantangan dalam
pengembangan budaya sekolah di SMA 17 Bantul siswa yang sulit dikendalikan dalam menanamkan
nilai-nilai sekolah dan minimnya pendidikan orang tua. (3) Upaya dalam pengembangan budaya
sekolah di SMA 17 Bantul melalui penerapan peraturan sekolah dan melakukan pembinaan dalam
penanaman nilai yang diyakini dan dihayati oleh seluruh warga sekolah untuk menjadikan sekolah
yang berkualitas dan guru memberikan contoh kepada siswa.
Kata kunci: budaya akademik sekolah, non akademik, nilai-nilai budaya
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan budaya sekolah di Sekolah Menengah Atas 17
Bantul dibidang akademik dan non akademik. Jenis penelitian ini kualitatif. Subjek penelitian ini
kepala sekolah, guru, staf sekolah dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi,
wawancara, dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian (1) Budaya di SMA 17 Bantul di bidang akademik meliputi nilai budaya membaca
dan nilai penghargaan/prestasi, non akademik meliputi nilai kreativitas, nilai penghargaan/prestasi,
nilai kerjasama, nilai solidaritas, nilai kedisiplinan, dan nilai kesopanan. (2) Tantangan dalam
pengembangan budaya sekolah di SMA 17 Bantul siswa yang sulit dikendalikan dalam menanamkan
nilai-nilai sekolah dan minimnya pendidikan orang tua. (3) Upaya dalam pengembangan budaya
sekolah di SMA 17 Bantul melalui penerapan peraturan sekolah dan melakukan pembinaan dalam
penanaman nilai yang diyakini dan dihayati oleh seluruh warga sekolah untuk menjadikan sekolah
yang berkualitas dan guru memberikan contoh kepada siswa.
Kata kunci: budaya akademik sekolah, non akademik, nilai-nilai budaya
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v6i6.10111
Refbacks
- There are currently no refbacks.