IMPLEMENTASI PROGRAM BUDDY SEBAGAI SOLUSI MENURUNKAN PERILAKU BULLYING DI SD KRISTEN KALAM KUDUS YOGYAKARTA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Program Buddy di SD Kristen Kalam
Kudus Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu kepala
sekolah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data yang digunakan
adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)
Tujuan Program Buddy adalah untuk mencegah dan meminimalisir bullying yang ada di SD Kristen Kalam
Kudus Yogyakarta dengan cara memangkas rasa senioritas khususnya dari kakak kelas. (2) Persiapan
Implementasi Program Buddy di SD Kristen Kalam Kudus Yogyakarta dilakukan oleh Tim Kerohanian.
Program Buddy di SD Kristen Kalam Kudus Yogyakarta diimplementasikan ke dalam kegiatan yaitu Leader
Thing sistem Buddy (Relawan), Masuk TK, Renungan Pagi, Upacara, Ekstrakurikuler, dan MOS Bersama.
(3) Faktor pendukung imlementasi program Buddy yaitu Sumber Daya Manusia (SDM) yang memadai,
sarana prasarana dan lokasi (tempat) yang memadai, dukungan dari orangtua, guru, dan karyawan. Faktor
penghambat implementasi program Buddy terbagi menjadi 2 yaitu waktu, peserta didik, pengawasan di
rumah dan tontonan TV. (4) Solusi mengatasi hambatan dalam pelaksanaan Program Buddy di SD Kristen
Kalam Kudus Yogyakarta yaitu evaluasi keseluruhan, usaha dana, pendekatan personal dan komunikasi
dengan orangtua. (5) Dampak/Hasil dari implementasi Program Buddy di SD Kristen Kalam Kudus
Yogyakarta yaitu penurunan perilaku bullying, peningkatan karakter siswa, dan bukti fisik.
Kata Kunci: Program Antibullying, Perilaku Bullying, Bullying.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Program Buddy di SD Kristen Kalam
Kudus Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu kepala
sekolah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data yang digunakan
adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)
Tujuan Program Buddy adalah untuk mencegah dan meminimalisir bullying yang ada di SD Kristen Kalam
Kudus Yogyakarta dengan cara memangkas rasa senioritas khususnya dari kakak kelas. (2) Persiapan
Implementasi Program Buddy di SD Kristen Kalam Kudus Yogyakarta dilakukan oleh Tim Kerohanian.
Program Buddy di SD Kristen Kalam Kudus Yogyakarta diimplementasikan ke dalam kegiatan yaitu Leader
Thing sistem Buddy (Relawan), Masuk TK, Renungan Pagi, Upacara, Ekstrakurikuler, dan MOS Bersama.
(3) Faktor pendukung imlementasi program Buddy yaitu Sumber Daya Manusia (SDM) yang memadai,
sarana prasarana dan lokasi (tempat) yang memadai, dukungan dari orangtua, guru, dan karyawan. Faktor
penghambat implementasi program Buddy terbagi menjadi 2 yaitu waktu, peserta didik, pengawasan di
rumah dan tontonan TV. (4) Solusi mengatasi hambatan dalam pelaksanaan Program Buddy di SD Kristen
Kalam Kudus Yogyakarta yaitu evaluasi keseluruhan, usaha dana, pendekatan personal dan komunikasi
dengan orangtua. (5) Dampak/Hasil dari implementasi Program Buddy di SD Kristen Kalam Kudus
Yogyakarta yaitu penurunan perilaku bullying, peningkatan karakter siswa, dan bukti fisik.
Kata Kunci: Program Antibullying, Perilaku Bullying, Bullying.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v6i5.10108
Refbacks
- There are currently no refbacks.