IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SEKOLAH DASAR RUJUKAN DI SD NEGERI I BANTUL
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implemetasi Kebijakan Sekolah Dasar Rujukan di SDN I
Bantul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode deskriptif. Setting Penelitian
dilakukan di SDN I Bantul. Subjek Penelitian ini adalah Ka.Bid. Sekolah Dasar Disdikpora, Kepala Sekolah
SDN I Bantul, lima Pendidik, dua Tim Pengembang Kurikulum dan dua Tim Ekstrakurikuler. Teknik
Pengumpulan data menggunakan wawancara, pengamatan, dan studi dokumentasi. Teknik keabsahan data
menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian sebagi berikut: Implementasi Kebijakan
Sekolah Dasar Rujukan dengan tiga program yaitu program peningkatan mutu pendidikan, sarpras, serta
kapasitas guru dan kepala sekolah. Tujuan implementasi kebijakan sekolah dasar rujukan yaitu untuk
mendiseminasikan hasil kinerja terbaik sekolah. Pendiseminasian hasil kinerja terbaik sekolah ke sekolah
lain dalam Implementasi Kebijakan Sekolah Dasar Rujukan di SD Negeri I Bantul yaitu dengan diadakannya
diklat dan mengundang perwakilan guru di Tingkat Gugus I Kecamatan Bantul, meminjamkan file yang
mendukung peningkatan mutu pendidikan disekolah serta guru SD Negeri I Bantul menjadi narasumber di
Kurikulum 2013. Faktor Pendukung dan Penghambatnya yaitu adanya sumber daya, jumlah kelas sesuai
dengan animo siswa, serta penghambatnya kurang maksimal lahan sekolah untuk pembelajaran olahraga dan
fasilitas yang diberikan untuk meningkatkan profesionalisme guru yang merangkap sebagai guru
ekstrakurikuler.
Kata kunci: Implementasi Kebijakan, Kebijakan Sekolah Dasar Rujukan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implemetasi Kebijakan Sekolah Dasar Rujukan di SDN I
Bantul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode deskriptif. Setting Penelitian
dilakukan di SDN I Bantul. Subjek Penelitian ini adalah Ka.Bid. Sekolah Dasar Disdikpora, Kepala Sekolah
SDN I Bantul, lima Pendidik, dua Tim Pengembang Kurikulum dan dua Tim Ekstrakurikuler. Teknik
Pengumpulan data menggunakan wawancara, pengamatan, dan studi dokumentasi. Teknik keabsahan data
menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian sebagi berikut: Implementasi Kebijakan
Sekolah Dasar Rujukan dengan tiga program yaitu program peningkatan mutu pendidikan, sarpras, serta
kapasitas guru dan kepala sekolah. Tujuan implementasi kebijakan sekolah dasar rujukan yaitu untuk
mendiseminasikan hasil kinerja terbaik sekolah. Pendiseminasian hasil kinerja terbaik sekolah ke sekolah
lain dalam Implementasi Kebijakan Sekolah Dasar Rujukan di SD Negeri I Bantul yaitu dengan diadakannya
diklat dan mengundang perwakilan guru di Tingkat Gugus I Kecamatan Bantul, meminjamkan file yang
mendukung peningkatan mutu pendidikan disekolah serta guru SD Negeri I Bantul menjadi narasumber di
Kurikulum 2013. Faktor Pendukung dan Penghambatnya yaitu adanya sumber daya, jumlah kelas sesuai
dengan animo siswa, serta penghambatnya kurang maksimal lahan sekolah untuk pembelajaran olahraga dan
fasilitas yang diberikan untuk meningkatkan profesionalisme guru yang merangkap sebagai guru
ekstrakurikuler.
Kata kunci: Implementasi Kebijakan, Kebijakan Sekolah Dasar Rujukan.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v6i5.10095
Refbacks
- There are currently no refbacks.