IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN PERMAINAN DUEL SEJARAH UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SEJARAH INDONESIA SISWA KELAS X MIA 4 SMA NEGERI 1 BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017

Hendrawan Rizza Prasetya,

Abstract


Minat belajar sejarah Indonesia di kelas X MIA 4 SMAN 1 Banguntapan kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan permainan Duel Sejarah untuk meningkatkan minat belajar sejarah Indonesia siswa kelas X MIA 4 SMA N 1 Banguntapan, Bantul, Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017 (2) mengetahui kelebihan dan kekurangan implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan permainan Duel Sejarah untuk meningkatkan minat belajar sejarah Indonesia siswa kelas X MIA 4 SMAN 1 Banguntapan, Bantul, Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan Mc Taggart, yang dilakukan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, wawancara, observasi dan angket. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan permainan Duel Sejarah dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas X MIA 4 SMAN 1 Bangutapan. Siklus I rata-rata minat belajar mencapai 70,57%, berarti sudah mencapai indikator keberhasilan yaitu ≥ 67%. Siklus II implementasi TGT dengan permainan Duel Sejarah ditambah hadiah menghasilkan rata-rata minat belajar sebesar 76,28%, meningkat 5,71% dari siklus I. Dengan demikian implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan permainan Duel Sejarah ditambah hadiah lebih optimal meningkatkan minat. 2) Kelebihan implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan permainan Duel Sejarah adalah siswa menjadi lebih antusias, bersemangat dan senang dalam pembelajaran. Kekurangan dari implementasi model pembelajaran ini adalah kelas menjadi ramai atau kurang kondusif dan memerlukan waktu cukup banyak

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


RISALAH

Jurnal Elektronik Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Berisi artikel skripsi mahasiswa S1 Pendidikan Sejarah

Penanggung Jawab     :  Dr. Dyah Kumalasari

Pimpinan Redaksi       :  Dr.Aman, M.Pd

Anggota Redaksi        :  Alifi Nur Prasetio N. , M.Pd

Admin e-Jurnal            : Triyanto