PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PEMBUATAN PRESENTASI BERBASIS FLASH SMK MUHAMMADIYAH 2 KLATEN UTARA

Ardani Pramono, , Indonesia

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif pembuatan presentasi berbasis flash untuk mata pelajaran kompetensi keahlian multimedia kelas XI di SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara untuk mengatasi kesulitan siswa kelas XI multimedia menggunakan Adobe Flash CS3 dan mengetahui kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan menurut aspek usability berdasarkan ISO 9241 part 11. Penelitian dan pengembangan media menggunakan model Luther. Pengembangan dilakukan dengan 6 tahapan, yaitu tahap konsep, tahap desain, tahap pengumpulan bahan, tahap pembuatan, tahap pengujian, dan tahap pendistribusian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media pembelajaran interaktif telah dikembangkan dan diimplementasikan dengan baik; (2) tingkat kelayakan dari ahli materi adalah 88,04 % dengan kategori sangat layak, tingkat kelayakan dari ahli media adalah 83,03 % dengan kategori sangat layak, dan tingkat kelayakan dari siswa berdasarkan aspek usability adalah 86,21 % dengan kategori sangat layak. Dari hasil pengujian menunjukkan bahwa media pembelajaran pembuatan presentasi berbasis Flash layak digunakan sebagai alat bantu pembelajaran di SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara.
Kata Kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Presentasi Multimedia, Usability

Abstract
The aims of the study were to develop interactive learning media of creating a presentation based on flash for multimedia competency skill subject class XI SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara to overcome the difficulties of class XI multimedia students using Adobe Flash CS3 and to find out the interactive learning media eligibility which developed in accordance with usability aspects based on ISO 9241 part 11. The media study and development adapted Luther model. The development was achieved with 6 steps which were concept step, design step, material collecting step, assembly step, testing step, and distribution step. The result of the study are: (1) interactive learning media has been developed and implemented well; (2) the material experts eligibility level is 88,04 % in very eligibility category, the media experts eligibility level is 83,03 % in very eligibility category, and the students eligibility level based on the usability aspects is 86,21 % in very eligibility category. Based on the result of the test, the interactive learning media of creating a presentation based on flash is suitable to be used as an teaching learning media of SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara.
Keywords: Interactive Learning Media, Multimedia Presentation, Usability


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/e-jpti.v5i7.5305

Refbacks

  • There are currently no refbacks.