PERBANDINGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN EXAMPLES NON EXAMPLES DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PERAKITAN KOMPUTER DI SMK NEGERI 1 PAJANGAN BANTUL

Muhammad Mughni Izzatur Rochman, , Indonesia

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui model pembelajaran antara Group Investigation (GI) dan konvensional yang lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Perakitan Komputer, (2) mengetahui model pembelajaran antara Examples Non Examples dan konvensional yang lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Perakitan Komputer, (3) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) dan Examples Non Examples dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Perakitan Komputer, (4) mengetahui model pembelajaran antara Group Investigation (GI) dan Examples Non Examples yang lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Perakitan Komputer
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu (quasi experiment). Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017 di SMK Negeri 1 Pajangan Bantul, yaitu kelas X RPL A (21 siswa) sebagai kelas model konvensional, kelas X RPL B (21 siswa) sebagai kelas model Group Investigation (GI) dan kelas X RPL C (21 siswa) sebagai kelas Examples Non Examples.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model pembelajaran Group Investigation lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Perakitan Komputer dibandingkan model pembelajaran konvensional, (2) model pembelajaran Examples Non Examples lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Perakitan Ko mputer dibandingkan model pembelajaran konvensional, (3) model pembelajaran Examples Non Examples lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Perakitan Komputer dibandingkan model pembelajaran Group Investigation (GI) dibuktikan dengan hasil rata-rata peningkatan nilai siswa.
Kata Kunci: hasil belajar, Group Investigation (GI), Examples Non Examples, Perakitan Komputer


Abstract
This results aim for: (1) knowing which Group Intestigation (GI) and conventional learning models better to increase students’ learning result of Computer Assembling lesson, (2) knowing which Examples Non Examples and conventional learning models better to increase students’ learning result of Computer Assembling lesson, (3) knowing the increation of students’ learning result using Group Investigation (GI) and Examples Non Examples learning models increase students’ learning result of Computer Assembling lesson, (4) knowing which the Group Investigation (GI) and Examples Non Examples learning model better to inrease students’ learning result of Computer Assembling lesson.
The reasearch method used was quasi experiment. The research design used was Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design. The research subject was students of Grade X from Software Engineering department in the first semester of 2016/2017 school year at SMK Negeri 1 Pajangan Bantul, namely class X RPL A (21 students) for applying conventional model, class X RPL B (21 students) for applying Group Investigation (GI) model and class X RPL C (21 students) for applying Examples Non Examples model.
The results of the reseach showed that: (1) Group Investigation learning model was increasing students’ learning result of Computer Assembling lesson more better than conventional model, (2) Examples Non Examples learning model was increasing students’ learning result of Computer Assembling lesson more better than conventional model; (3) Examples Non Examples model was increasing students’ learning result of Computer Assembling lesson more better than Group Investigation (GI) model proved by the student’s learning increasing result.
Keywords: learning result, Group Investigation (GI), Examples Non Examples, Computer Assembling.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/e-jpti.v5i7.5293

Refbacks

  • There are currently no refbacks.