PENINGKATAN KOMPETENSI INSTALASI PERSONAL KOMPUTER DENGAN METODE CARD SORT SISWA KELAS X SMK BINA HARAPAN SLEMAN

Novrico Dwi Janar, , Indonesia

Abstract


Abstrak
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan kompetensi siswa pada Instalasi Personal Komputer menggunakan pembelajaran model aktif tipe card sort dan pembelajaran konvensional pada siswa kelas X program keahlian Teknik Komputer Jaringan SMK Bina Harapan Ngaglik Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group. Subyek penelitian adalah siswa kelas X Program Keahlian Teknik Komputer Jaringan di SMK Bina Harapan Sleman berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes dan lembar observasi. Instrumen tes digunakan untuk mengukur kompetensi ranah kognitif sedangkan lembar observasi untuk mengukur kompetensi ranah afektif dan psikomotor. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, uji Mann-Whitney, dan uji Wilcoxon. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa semua siswa (100%) hasil belajar ranah kognitif dalam kategori sangat baik, sedangkan ranah afektif sebagian besar (53,33%) termasuk dalam kategori sangat baik, sebagian lainnya (40%) termasuk kategori baik, dan sebagian kecil (6,67%) termasuk kategori cukup, sedangkan ranah psikomotorik sebagian besar (93,33%) termasuk dalam kategori sangat baik dan sebagian kecil (6,67%) termasuk kategori baik sehingga terdapat perbedaan kompetensi antara siswa yang menggunakan pembelajaran Card Sort dan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional dengan nilai Sig.hitung sebesar 0,45 pada ranah kognitif dan 0,003 pada ranah psikomotorik lebih kecil dari pada Sig.penelitian sebesar 0,050.
Kata kunci: kompetensi, Metode Card Sort, Instalasi personal komputer.

Abstract
The objective of this research is to determine the differences in student’s competence on personal computer installation using active learning model of card sort and conventional learning for grade X student of Computer Engineering and Networking programme at SMK Bina Harapan Ngaglik Sleman. This research is classified as experimental research using pretest-posttest control group's research designs. The subject of the research were 29 students of grade X of Computer Engineering and Networking programme at SMK Bina Harapan Sleman. The data collection technique were tests and observations.The test instrument were used to measure cognitive competence while observation sheets were used to measure the competence of affective and psychomotor. The data analysis used in this research were descriptive analysis,Mann-Whitney test, and Wilcoxon test.The result of the research indicated that all the students's cognitive competence (100%) in the excellent category while in the affective competence largely (53,33%) included in the excellent category, others (40%) categorized as good, and only a tiny percentage (6,67%) categorized as average, while in psychomotor most of whom (93,33%) included in excellent category and less of them (6,67%) included in good category so that there is a difference between the competence of student who use card-sort learning and conventional learning as well as Sig.hitung value of 0,45 in cognitive and 0,003 in psychomotor less than Sig.penelitian of 0,050.
Keywords: Competence, Card Sort method, personal computer installation

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/e-jpti.v5i7.5291

Refbacks

  • There are currently no refbacks.