PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU DIGITAL INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH CS3 PADA MATA PELAJARAN PERAKITAN KOMPUTER DI SMK MUHAMMADIYAH 2 MOYUDAN
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran buku digital interaktif, mengetahui tingkat
kelayakan media pembelajaran buku digital interaktif dan mengetahui tanggapan siswa kelas X Multimedia di SMK
Muhammadiyah 2 Moyudan setelah belajar menggunakan media pembelajaran buku digital interaktif. Penelitian ini
menggunakan metode Research and Development dengan mengadaptasi model dari William W. Lee dan Diana L.
Owens yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan evaluation. Hasil
penelitian ini adalah: (1) produk yang berupa media pembelajaran buku digital interaktif, (2) tingkat kelayakan media
pembelajaran buku digital interaktif dari ahli materi sebesar 91,33% dengan kategori sangat layak, ahli media sebesar
86,45% dengan kategori sangat layak dan untuk penilaian siswa sebesar 77,82% dengan kategori layak, dan (3)
tanggapan siswa setelah menggunakan media pembelajaran buku digital interaktif berisi hal-hal positif dan
mengharapkan pengembangan yang lebih baik lagi.
Kata kunci: media pembelajaran, buku digital interaktif, kelayakan, tanggapan
Abstract
This research aims to produce interactive digital book learning media, know feasibility level of interactive
digital book learning media and know the responses of students of class X Multimedia at SMK Muhammadiyah 2
Moyudan after learning using interactive digital book learning media. This research use the Research and
Development method with adapting the model of William W. Lee and Diana L. Owens consisting of five stages,
namely Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. The results of this research are: (1) product
in the form of interactive digital book learning media, (2) the feasibility of interactive digital books learning media
from the subject matter experts amounted to 91.33% categorized as very feasible, media expert at 86.45% categorized
as very feasible and for assessment of students by 77,82% categorized as feasible and (3) a response from the students
after using interactive digital book learning media contains positive things and expect a better development.
Keyword: learning media, interactive digital book, feasibility, response
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran buku digital interaktif, mengetahui tingkat
kelayakan media pembelajaran buku digital interaktif dan mengetahui tanggapan siswa kelas X Multimedia di SMK
Muhammadiyah 2 Moyudan setelah belajar menggunakan media pembelajaran buku digital interaktif. Penelitian ini
menggunakan metode Research and Development dengan mengadaptasi model dari William W. Lee dan Diana L.
Owens yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan evaluation. Hasil
penelitian ini adalah: (1) produk yang berupa media pembelajaran buku digital interaktif, (2) tingkat kelayakan media
pembelajaran buku digital interaktif dari ahli materi sebesar 91,33% dengan kategori sangat layak, ahli media sebesar
86,45% dengan kategori sangat layak dan untuk penilaian siswa sebesar 77,82% dengan kategori layak, dan (3)
tanggapan siswa setelah menggunakan media pembelajaran buku digital interaktif berisi hal-hal positif dan
mengharapkan pengembangan yang lebih baik lagi.
Kata kunci: media pembelajaran, buku digital interaktif, kelayakan, tanggapan
Abstract
This research aims to produce interactive digital book learning media, know feasibility level of interactive
digital book learning media and know the responses of students of class X Multimedia at SMK Muhammadiyah 2
Moyudan after learning using interactive digital book learning media. This research use the Research and
Development method with adapting the model of William W. Lee and Diana L. Owens consisting of five stages,
namely Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. The results of this research are: (1) product
in the form of interactive digital book learning media, (2) the feasibility of interactive digital books learning media
from the subject matter experts amounted to 91.33% categorized as very feasible, media expert at 86.45% categorized
as very feasible and for assessment of students by 77,82% categorized as feasible and (3) a response from the students
after using interactive digital book learning media contains positive things and expect a better development.
Keyword: learning media, interactive digital book, feasibility, response
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/e-jpti.v5i5.4726
Refbacks
- There are currently no refbacks.