PENGEMBANGAN MODUL INTERAKTIF BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MATA PELAJARAN TEKNIK ANIMASI 2D KELAS XI MM DI SMKN 1 BANTUL

Titi Werdiningsih, , Indonesia

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul interaktif berbasis multimedia, mengetahui tingkat kelayakan modul interaktif, dan meningkatkan hasil belajar siswa setelah menggunakan modul interaktif. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development, dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Pengujian dilakukan dengan dua tahap pengujian yaitu pengujian alpha dan pengujian beta. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif yang dianalisis secara statistik deskriptif. Hasil Penelitian ini adalah: (1) menghasilkan modul interaktif berbasis multimedia, (2) tingkat kelayakan modul interaktif dari ahli materi sebesar 93,06 % dengan kategori sangat layak, ahli media sebesar 83,44 % dengan kategori sangat layak, dan untuk penilaian siswa terhadap modul interaktif sebesar 81,34 % dengan kategori sangat layak, dan (3) Hasil belajar siswa setelah menggunakan modul interaktif memperoleh rerata sebesar 81,47 dengan persentase ketuntasan belajar mencapai 81,50 % sehingga termasuk dalam kategori sangat baik. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan modul interaktif berbasis multimedia untuk mata pelajaran teknik animasi 2D layak dan sesuai untuk digunakan sebagai modul pembelajaran kelas XI MM di SMKN 1 Bantul.
Kata kunci: modul interaktif, teknik animasi 2D, tingkat kelayakan modul interaktif, hasil belajar siswa
Abstract
This study aims to produce an interactive modules based multimedia, to know the properness level of interactive modules, and to increase of students’ learning outcomes after using the interactive modules. The method use the Research and Development, with the ADDIE model of which consists of five stages, that is Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The experiment use with two stages of test, those are alpha test and beta test. Technique of analysis data used the technique of analysis qualitative data and quantitative data which analyzed by descriptive statistics. The results of this study are: (1) produce an interactive modules based multimedia, (2) the properness level of interactive modules of subject experts amounted to 93.06 % categorized as very proper, media expert at 83.44 % categorized as very proper, and for the assessment of students to the interactive modules amounted to 81.34 % categorized as very proper, and (3) students’ learning outcomes after use interactive modules obtain an average of 81.47 with percentage of completeness learning reached 81.50 % thus included in very good category. Based on these data we can conclude interactive module base multimedia for subjects of 2D animation techniques is proper and appropriate to use as a learning module of class XI MM in SMKN 1 Bantul.
Keywords : interactive modules , 2D animation techniques , the appropriate level of interactive modules, the result of students learning



DOI: https://doi.org/10.21831/e-jpti.v5i3.4653

Refbacks

  • There are currently no refbacks.