PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PEMROGRAMAN DASAR BERBASIS ANDROID UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN KELAS X SMK NEGERI 1 TEMPEL
Nurkhamid Nurkhamid, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya media belajar yang berdampak pada kurang tercapainya
tujuan belajar, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif
pemrograman dasar untuk kelas X SMK Negeri 1 Tempel serta mengetahui tingkat kelayakannya. Pengembangan
media pembelajaran interaktif ini menggunakan metode Research and Development (R & D). Tahapan dalam
proses pengembangan media pembelajaran tersebut terdiri dari analyze, design, development, implementation
and evaluation. Media pembelajaran interaktif ini dikembangkan dengan software Android Studio. Pengujian yang
dilakukan adalah alpha testing dan beta testing. Alpha testing dilakukan dengan uji navigasi serta uji ahli media
dan ahli materi. Beta testing dilakukan dengan uji coba yang melibatkan 36 siswa SMKN 1 Tempel dengan
memberikan angket untuk mengetahui bagaimana tanggapan siswa terhadap media pembelajaran. Data yang
diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif dengan mengubah data hasil rata-rata penilaian ke
dalam interval skor kelayakan. Hasil penelitian menghasilkan media pembelajaran dengan fungsi navigasi yang
sesuai harapan serta hasil skor validasi ahli media mencapai rata-rata 94 pada kategori sangat layak, ahli materi
mencapai rata-rata 77 pada kategori sangat layak dan tanggapan siswa mendapat rata-rata 102,16 dengan
kategori sangat layak. Sehingga media pembelajaran interaktif pemrograman dasar untuk kelas X SMK Negeri 1
Tempel layak untuk digunakan.
Kata kunci: Research and Development, Media Pembelajaran Interaktif, Kelayakan.
tujuan belajar, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif
pemrograman dasar untuk kelas X SMK Negeri 1 Tempel serta mengetahui tingkat kelayakannya. Pengembangan
media pembelajaran interaktif ini menggunakan metode Research and Development (R & D). Tahapan dalam
proses pengembangan media pembelajaran tersebut terdiri dari analyze, design, development, implementation
and evaluation. Media pembelajaran interaktif ini dikembangkan dengan software Android Studio. Pengujian yang
dilakukan adalah alpha testing dan beta testing. Alpha testing dilakukan dengan uji navigasi serta uji ahli media
dan ahli materi. Beta testing dilakukan dengan uji coba yang melibatkan 36 siswa SMKN 1 Tempel dengan
memberikan angket untuk mengetahui bagaimana tanggapan siswa terhadap media pembelajaran. Data yang
diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif dengan mengubah data hasil rata-rata penilaian ke
dalam interval skor kelayakan. Hasil penelitian menghasilkan media pembelajaran dengan fungsi navigasi yang
sesuai harapan serta hasil skor validasi ahli media mencapai rata-rata 94 pada kategori sangat layak, ahli materi
mencapai rata-rata 77 pada kategori sangat layak dan tanggapan siswa mendapat rata-rata 102,16 dengan
kategori sangat layak. Sehingga media pembelajaran interaktif pemrograman dasar untuk kelas X SMK Negeri 1
Tempel layak untuk digunakan.
Kata kunci: Research and Development, Media Pembelajaran Interaktif, Kelayakan.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/e-jpti.v10i2.19110
Refbacks
- There are currently no refbacks.